<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI"^^ . "Muslikhah Namrotul Isnaini. Konsep Reinforcement menurut B.F.\r\nSkinner dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang\r\nPendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama\r\nIslam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan\r\nKalijaga Yogyakarta, 2015.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah pada dasarnya motivasi belajar itu\r\ndapat timbul karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Dengan adanya motivasi\r\ntersebut, siswa dapat mengembangkan aktivitas dan inisiatif, serta dapat\r\nmengarahkan dan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar.\r\nNamun pada kenyataannya, untuk motivasi ekstrinsik terkadang pengunaannya\r\nmasih kurang tepat sehingga tidak menguntungkan bagi perkembangan belajar\r\npeserta didik, apalagi bagi siswa Taman Kanak-kanak yang senantiasa merekam\r\nhal apapun yang diberikan kepada mereka. Oleh karena itu, penelitian ini\r\nmenawarkan sebuah konsep yang diusung oleh B.F. Skinner, yaitu reinforcement\r\n(penguatan), sebagai salah satu solusi bagi permasalahan mengenai motivasi\r\nbelajar bagi siswa pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Berdasarkan hal\r\ntersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan konsep\r\nreinforcement menurut B.F. Skinner, dan 2) menganalisa secara kritis relevansi\r\nkonsep reinforcement menurut B.F. Skinner dengan Pendidikan Agama Islam\r\npada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun\r\npengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mencari data\r\nyang relevan pada buku maupun artikel yang terkait dengan reinforcement\r\nmenurut B.F. Skinner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode\r\ncontent analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara\r\nmengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep reinforcement\r\nmenurut B.F. Skinner merupakan suatu bentuk konsekuensi yang mengikuti\r\nperilaku atau respon. Dalam reinforcement ini juga mencakup macam, jadwal\r\npemberian, fenomena dan penerapan reinforcement dalam pendidikan. 2)\r\nTerdapat relevansi antara konsep reinforcement menurut B.F. Skinner dengan\r\nPendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, terutama\r\nterletak pada prinsip-prinsip dan metode pembelajaran PAI di TK. Dalam prinsip\r\nPAI di TK, pembentukan perilaku dan pembinaan akhlak dilakukan dengan\r\nmembiasakan ketaatan dan kedisiplinan dengan mengajarkan dan membiasakan\r\nprinsip pahala (reward), salah satu bagian dari positive reinforcement. Sedangkan\r\ndalam metode pembelajaran PAI di TK terdapat metode targhib dan tarhib yang\r\nmenekankan adanya suatu pahala dan juga ancaman berupa pembalasan yang\r\nsetimpal dengan apa yang diperbuat manusia selama di dunia. Ini berarti bahwa\r\nterdapat konsekuensi terhadap perilaku yang telah dilakukan oleh manusia,\r\nsepertihalnya reinforcement."^^ . "2015-05-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11410018"^^ . "MUSLIKHAH NAMROTUL ISNAINI"^^ . "NIM. 11410018 MUSLIKHAH NAMROTUL ISNAINI"^^ . . . . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Text)"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Text)"^^ . . . "11410018_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #16440 \n\nKONSEP REINFORCEMENT MENURUT B.F. SKINNER \nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nPADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .