@phdthesis{digilib16446, month = {May}, title = {PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI STATUS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 JETIS BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11410003 LUTHVI ARINI}, year = {2015}, note = {Sri Purnami, S.Psi, MA.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16446/}, abstract = {Luthvi Arini. Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Status Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah rendahnya tingkat kesejahteraan guru, padahal guru merupakan faktor utama terciptanya pendidikan yang sukses. Tingkat kesejahteraan guru ini selanjutnya memberi efek domino pada mentalitas mereka dalam mengajar karena pada dasarnya setiap hal saling mempengaruhi, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara di SMA N 1 Jetis Bantul, terdapat masalah terkait dengan status dan kesejahteraan guru Non PNS, yang ini akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Muncul harapan dengan disejahterakannya para guru akan terjadinya peningkatan kualitas pendidikan. Disisi lain salah satu visi dari SMA N 1 Jetis Bantul adalah menciptakan generasi muda yang berprestasi. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa yang diajar oleh guru PAI PNS, mengetahui prestasi belajar PAI siswa yang diajar oleh guru PAI Non PNS, dan menguji secara empiris perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari status guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Jetis Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 2 orang dan siswa SMA N 1 Jetis yang berjumlah 116 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis chi kuadrat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1. Prestasi belajar siswa yang diajar oleh guru Pendidikan Agama Islam PNS memiliki prestasi belajar baik. 2. Prestasi belajar siswa yang diajar oleh guru Pendidikan Agama Islam Non PNS memiliki prestasi belajar cukup baik. 3. Ada perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari status guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Jetis Bantul. Hal ini dibuktikan hasil uji Chi-Square diperoleh {\ensuremath{\chi}}2 hitung = 11.774 {\ensuremath{>}} {\ensuremath{\chi}}2 tabel (df:2) = 5,99, dan ???= 0,003 {\ensuremath{<}} 0,05; dengan demikian hipotesis diterima, artinya ada perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari status guru Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Jetis Bantul.} }