eprintid: 16448
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/64/48
datestamp: 2015-07-28 03:09:41
lastmod: 2015-07-28 03:09:41
status_changed: 2015-07-28 03:09:41
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: LILIK ASYROFAH, NIM.  10416025
title: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
IMPLEMENTASINYA
DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK
DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
note: Dr Usman SS. M.Ag
abstract: LILIK ASYROFAH, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan
Impimentasinya Dalam Membentuk Karakter anak di SD Muhammadiyah
Wirobrajan 3 Yogyakarta.Skripsi Yogyakarta: Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak di SD
Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan
dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan Pembelajaran Agama
Islam yang ada di SD tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Obyek dari penelitian ini
ialah pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah
Wirobrajan 3 Yogyakarta, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah guru PAI
(sebagai subyek utama dalam proses pengumpulan data dilapangan), Kepala
Sekolah, Waka Kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan prosedur analisis data, reduksi data, triangulasi, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas-kelas dimana siswanya didomonasi oleh siswa yang
memiliki kecerdasan akademik diatas yang lain (2) Kegiatan pembelajaran secara
garis besar sama dengan di kelasdan sekolah yang lain yaitu dimulai dari kegiatan
pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran
PAI menggunakan kurikulum 13. Kurikulum 13 sangat efektif dilaksanakan di
SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta karena peserta didik berperan aktif
dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik,
karena, pertama metode yang digunakan oleh guru PAI dalam pembelajaran
sangat inovasi dan kreatif sesuai dengan tema, sehingga terciptalah suasana
pembelajaran yang menyenangkan kelas menjadi lebih hidup siswa cerdas
menjadi lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran. Kedua, penggunaan
media pembelajaran yang sesuai dengan tema,media yang baik itu adalah media
yang mudah di dapat namun bermanfaat, murah namun sesuai dengan kebutuhan
atau sesuai dengan materi yang sedang diajarkan, dan media harus mudah
dipahami oleh peserta didik. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan melihat
segi kognitif, Afektif, dan psikomotorik. Ketiga, hasil dari pelaksanaan
pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 tidak jauh berbeda dari
pelaksanaan pembelajaran PAI itu sendiri. Hasil yang diperoleh merupakan
ukuran tercapainya tujuan pembelajaran PAI, yaitu terciptanya pelaksanaan
pembelajaran PAI yang bertujuan utntuk menciptakan peserta didik yang fokus,
terbentuk karakter kuat dan menumbuhkan kreatifitas serta daya pikir luas
terhadap pelajaran PAI. Keempat, hasil pembelajaran ini dapat di lihat dari pola
perilaku siswa yang kelihatan menyolok adalah kegiatan beribadah dari rutinitas
mengerjakan sholat wajibnya serta sholat sunnah seperti dhuha, ahlak mereka
terhadap orang tua dan orang yang lebih tua,perilaku yang sama baik di sekolah
maupun di rumah(3) Faktor-yang mempengaruhi pembelajaranPAI di SD
Wirobrajan 3 Yogyakarta ada dua faktor yaitu faktor pendukung,antara lain
fasilitas belajar yang memadai, kreatifitas guru,sikap hidup siswa.dan faktor
penghambat antara lain Pembiasaan yang berbeda dirumah dan di
sekolah,pengaruh negatifyang cepat,tidak ada komonikasi guru dan orang tua.
date: 2015-05-19
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   LILIK ASYROFAH, NIM. 10416025  (2015) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16448/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16448/1/BAB%20II%2C%20III.pdf