eprintid: 16453 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/53 datestamp: 2015-07-28 04:29:09 lastmod: 2015-07-28 04:29:09 status_changed: 2015-07-28 04:29:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD FARID, NIM. 10410127 title: KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL AMIN ABDULLAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Konsep Pendidikan multikultural, Amin Abdullah note: Drs. Sabarudin, M. Si abstract: MUHAMMAD FARID. Konsep Pendidikan Multikultural Amin Abdullah dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pembangunan pendidikan Indonesia yang sentralistik telah mengabaikan keragaman yang sekaligus kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh bangsa ini. Perkelahian pelajar, kerusuhan etnis, permusuhan suku, dan munculnya kelompok yang memiliki perasaan bahwa hanya budaya mereka yang lebih baik dari budaya kelompok lain adalah akibat dari penolakan keragaman dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian terhadap Pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan konsep multikultural untuk dapat mempertahankan kebudayaan asal. Salah satu pemikir cendikiawan muslim yang menjadi pelopor pemikiran Integrasi-interkoneksi yang juga sebagai fondasi transformasi dari IAIN ke UIN. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Bibliografic research (penelitian yang memfokuskan pada gagasan yang terkandung dalam teori). Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan filosofis. Penelitian berikut ini secara khusus akan mengkaji mengenai konsep pendidikan multikultural Amin Abdullah, ekspresi religius yang diteliti dapat berupa simbol-simbol yang digunaan dalam pemikiran Amin Abdullah. Peneliti akan meneliti secara detail isu pokok dari struktur utama obyek kajiaan. Data disajikan dalam bentuk naratif-deskriptif, sehingga data yang tersaji dapat dijadikan sumber analisis dalam suatu penelitian. Hasil penelitian meliputi : (1) Pendidikan multikultural menurut Amin Abdullah adalah pendidikan ―perdamaian‖ yang berasaskan toleransi mutlak harus dilakukan dan diajarkan secara seksama terhadap anak didik sebagai bekal untuk menghadapi kemajemukan yang ada, agar tidak terjadi konflik yang ditimbulkan dari perbedaan baik itu perbedaan agama, budaya, ras suku dan lain sebagainya. Beberapa pandangan Amin Abdullah terhadap pendidikan diantaranya: pertama, pembelajaran harus kontekstual. Kedua, pendidikan harus mengikuti zaman. Ketiga, PAI tidak diajarkan secara doktrinal. Keempat, pencapaian pendidikan harus mencakup aspek kognitif dan psikimotorik. Kelima, moralitas publik lebih efektif darpada moralitas individu. (2) Relevansi konsep pendidikan multikultural terhadap Pendidikan Agama Islam adalah pertama, metode pembelajaran sebagai wujud implementasi konsep multikultural Amin Abdullah, ada tiga model pembelajaran, (1) cooperative learning (2)Direct Instruction (3) Problem Based Learning. Relevansi Kedua, kompetensi guru PAI yang belandaskan multikultural. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD FARID, NIM. 10410127 (2015) KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL AMIN ABDULLAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16453/2/10410127_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16453/1/10410127_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf