@phdthesis{digilib16463, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN SOFTWARE GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN {\d S}ALAT DI SD NAHDLATUL ULAMA SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 09410273 SAMSUL MUNAWAR HABIBI}, year = {2015}, note = {Drs. Moch. Fuad, M.Pd.,}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16463/}, abstract = {SAMSUL MUNAWAR HABIBI. Pengembangan Software Game Edukasi dalam Pembelajaran {\d S}alat di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kreatifitas guru Fiqih di SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta dalam mengajar, guru hanya menggunakan sumber belajar berupa buku teks disertai dengan penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dan monoton, menyebabkan siswa menjadi pasif. Di samping itu, guru Fiqih tidak menggunakan media karena tidak terdapat media yang sesuai dengan materi. Dalam mengatasi problem tersebut diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi saat ini yaitu media berbasis komputer karena selain menarik juga dapat berisi konten multimedia (suara, gambar, dan video). Berdasarkan problematika tersebut penelitian ini adalah riset pengembangan tentang media pembelajaran Fiqih berbasis komputer, pengembangan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, baik sebagai media presentasi oleh guru maupun sumber belajar mandiri yang menarik dan interkatif untuk meningkatkan keaktifan dan minat siswa dalam belajar sehingga dapat dengan efektif dan efisien memenuhi standar kelulusan yang telah ditetapkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS3, mengetahui kelayakan media yang telah dikembangakan berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan siswa SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R\&D) media pembelajaran Fiqih berbasis Adobe Flash CS3. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Variabel kualitas disusun berdasarkan aspek kebenaran, keluasan dan kedalaman konsep, kebahasaaan yang digunakan, keterlaksanaan, tampilan, dan kemudahan penggunaan. Berdasarkan penilaian oleh 2 ahli media menyatakan bahwa software game edukasi pembelajaran {\d s}alat mendapatkan skor 129 dari skor maksimal ideal 135, Maka hasil penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli media termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 95,14\%. Penilaian oleh 2 ahli materi mendapatkan skor 117 dari skor maksimal ideal 135, Maka hasil penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 85,63\%. Uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 15,33 dari skor maksimal ideal 16, Maka hasil penilaian kualitas media pembelajaran oleh kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 96,75\%. Uji kelayakan oleh 20 siswa SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta kelas II Semester 2 terhadap software game edukasi pembelajaran {\d s}alat mendapatkan skor 15,5 dari skor maksimal ideal 16, dengan persentase keidealan sebesar 96,87\%. Dari persentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa software game edukasi pembelajaran {\d s}alat yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SD Nahdlatul Ulama Sleman Yogyakarta kelas II Semester 2.} }