TY - THES N1 - Fitri Yuliawati, M. Pd. Si. ID - digilib16467 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16467/ A1 - TIGEN, NIM. 10480018 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Tigen, ?Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Peserta Didik Kelas 1 dalam Pembelajaran Tematik di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta? Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah adanya heterogenitas karakteristik peserta didik kelas 1 di SDIT LHI Yogyakarta. Hal ini nampak dalam sejumlah aktivitas yang dilakukanya selama pembelajaran, seperti gemar membaca, bercerita, menggambar, mewarnai, menyanyi, jalan-jalan dan bermain (pesawat kertas, robot-robotan, gasing, mobil-mobilan, Puzzle, dan lain-lain). Semua itu merupakan manisfesti dari kecenderungan kecerdasan yang dimiliki anak. Jika tidak dikelola dengan baik, hal itu dapat menjadi permasalahan yang mengurangi efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu melakukan sejumlah upaya guna memfasilitasi pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di SDIT LHI Yogykarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi; peneliti, lembar observasi, pedoman wawancara, alat dokumentasi (camera dan alat perekam), dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, perwakilan bidang akademik, guru kelas 1, dan peserta didik. Adapun objek penelitiannya adalah kegiatan pembelajaran tematik di kelas 1 SDIT LHI Yogykarta. Terkait dengan objek penelitian, peneliti sengaja mengambil satu kelas penelitian. Hal ini dikarenakan pembagian kelas yang sama antara kelas 1A dan kelas 1B. Keduanya sama-sama memiliki karakter peserta didik yang beragam. Disamping itu, hal ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih mendalam tentang permasalahan yang diangkat. Kelas yang peneliti ambil pada penelitian ini adalah kelas 1B sehingga subjek guru dan peserta didik yang diteliti adalah guru dan peserta didik di kelas 1B. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah; reduksi data, display data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya guru mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik kelas 1 dalam pembelajaran Tematik di SDIT LHI Yogyakarta dilakukan melalui penggunaan metode pembelajaran, materi atau topik pelajaran, sumber belajar, dan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor yang menjadi pendukung upaya tersebut yaitu keberadaan fasilitas pembelajaran yang memadai, program sekolah yang kreatif, inovatif, dan progresif, pelatihan dan pengembangan kualitas guru, kualitas input peserta didik, dan partisipasi aktif orang tua. Adapun yang menjadi penghambat yaitu kemampuan dasar peserta didik yang masih kurang, tingkat konsentrasi peserta didik yang mudah pecah, dan suasana hati peserta didik yang tidak stabil alias bad mood. Selain itu, faktor yang bersifat teknis terkadang juga muncul secara tidak terduga misalnya mati listrik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Multiple intelligences KW - peserta didik KW - pembelajaran M1 - skripsi TI - UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) PESERTA DIDIK KELAS 1 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA AV - restricted ER -