eprintid: 16469 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/69 datestamp: 2015-07-29 02:05:37 lastmod: 2015-07-29 02:05:37 status_changed: 2015-07-29 02:05:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FEBRI DANI ASTUTI, NIM. 11481011 title: EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Keyword: Discovery Learning, Hasil Belajar. note: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. abstract: Febri Dani Astuti, “Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Kelas IV MIN Yogyakarta I”. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA di kelas IV MIN Yogyakarta I lebih efektif menerapkan model discovery learning, dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design dimana subjek penelitiannya adalah siswa MIN Yogyakarta I kelas IV tahun ajaran 2014/2015. Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji keakuratan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Shapiro-Wilk, uji homogenitas dan pengujian rata-rata menggunakan statistik non-parametris yaitu uji Mann-Whitney U. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dilihat dari perbedaan hasil rata-rata nilai N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,67 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,45. Uji kesamaan rata-rata menunjukkan bahwa hasil N-gain memiliki nilai sig sebesar 0,032 < 0,05, maka ditolak. Artinya diterimanya Ha, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan model discovery learning lebih efektif dibandingkan model ekspositori terhadap hasil belajar siswa dalam kategori sedang. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FEBRI DANI ASTUTI, NIM. 11481011 (2015) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16469/2/11481011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16469/1/11481011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf