TY - THES N1 - Drs. H. Sedya Santosa, SS., M. Pd. ID - digilib16478 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16478/ A1 - DWI YULI ASTUTI, NIM. 11480055 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Dwi Yuli Astuti,? Pembentukan Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Leadership Kelas IV di SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Maraknya kasus mencontek masal, perkelahian, dan korupsi yang terjadi menuntut perbaikan karakter bagi generasi muda. Sekolah merupakan lembaga yang memiliki pengaruh besar setelah keluarga dalam membentuk karakter siswa. Proses pembelajaran harus dapat membawa siswa kepada sosok generasi bangsa yang tidak sekedar memiliki pengetahuan, tetapi juga memiliki nilai karakter yang tercermin dalam kehidupan sehari-harinya. Pelajaran leadership merupakan salah satu cara pembelajaran yang dilaksanakan dalam menyisipkan nilai-nilai karakter bagi siswa untuk menjadi calon pemimpin yang baik di masa depan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan mata pelajaran leadership kelas IV di SDIT BIAS Yogyakarta, (2) apa saja nilai-nilai karakter yang terbentuk melalui mata pelajaran leadership kelas IV di SDIT BIAS Yogyakarta, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa melalui mata pelajaran leadership kelas IV di SDIT BIAS Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket sebagai pendukung. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang muncul dari catatan lapangan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pelajaran leadership kelas IV di SDIT BIAS Yogyakarta berlangsung dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan permainan, Materi yang diberikan adalah adalah mengenal diri, komunikasi, menyatu dengan yang lain, belajar untuk belajar, membuat keputusan , mengelola atau mengatur, dan bekerja dalam kelompok kesemuanya bersumber pada kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Media yang digunakan adalah balok, bola, kertas, penutup mata, dan media realita lainya. Siswa mengikuti pembelajaran dengan antusias. Guru sangat tegas dan disiplin dalam mengajar. Proses pembelajaran berlangsung dengan selalu akif melibatkan siswa. Evaluasi pembelajaran menekankan pada pengamatan sikap. 2) Nilai-nilai karakter yang terbentuk dari mata pelajaran leadership kelas IV di SDIT BIAS adalah kerja keras, kreatif, disiplin, toleransi, peduli lingkungan, jujur, religius, dan cinta damai. 3) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter melalui mata pelajaran leadership di kelas IV SDIT BIAS adalah dukungan atau kerjasama dari orang sekelilingnya, pemberian contoh, sarana dan prasarana yang memadai, media yang menarik, dan adanya kemauan atau niat dari diri siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari segi kemampuan guru, siswa yang kurang disiplin dan karakter siswa yang berbeda. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Pembentukan Karakter KW - Pembelajaran Leadership KW - SDIT BIAS. M1 - skripsi TI - PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI MATA PELAJARAN LEADERSHIP KELAS IV DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA AV - restricted ER -