eprintid: 16481 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/81 datestamp: 2015-07-29 02:25:29 lastmod: 2015-07-29 02:25:29 status_changed: 2015-07-29 02:25:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: VINDRATI PRATIWI, NIM. 11480041 title: PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Modul Tematik, Pembelajaran IPA, Materi Macam-Macam Energi dalam Kehidupan Sehari-hari note: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si. abstract: Vindrati Pratiwi, “Pengembangan Modul Tematik Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Energi dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Kelas IV MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD, (2) mengetahui kelayakan modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD, (3) mengetahui respon siswa kelas IV SD Tlacap Pandowoharjo Sleman terhadap modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan media pembelajaran ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran ini yaitu menggunakan lembar skala penilaian. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan direspon oleh 10 siswa SD Tlacap Pandowoharjo Sleman dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian yang pertama yaitu berhasil dikembangkan media pembelajaran modul tematik pembelajaran IPA materi macam-macam energi dalam kehidupan sehari-hari untuk kelas IV MI/SD. Kedua yaitu didapat hasil penilaian kelayakan media pembelajaran. Hasil penilaian menurut ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 74 dan persentase keidealan 87,05%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,7%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 79 dan persentase keidealan 87,7%. Berdasarkan penilaian guru adalah Baik (B) dengan skor 70,5 dan persentase keidealan 78%. Dengan demikian, modul tematik pembelajaran IPA ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa MI/SD. Ketiga, dari hasil respon siswa maka didapat kesimpulan bahwa sebagian besar siswa merespon positif adanya media modul tematik pembelajaran IPA dengan skor 8,5 dan persentase keidealan 85%. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: VINDRATI PRATIWI, NIM. 11480041 (2015) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PEMBELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK KELAS IV MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16481/2/11480041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16481/1/11480041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf