@phdthesis{digilib16482, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA KARTU CARAWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA UNTUK SISWA SD/MI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11480040 UMMI AZIZAH}, year = {2015}, note = {Drs. H. Sedya Santosa, S.S.,M.Pd.}, keywords = {Kata Kunci: Pengembangan Media, Kartu Carawa, Aksara Jawa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16482/}, abstract = {Ummi Azizah, ?Pengembangan Media Kartu Carawa dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa untuk Siswa SD/MI?. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pembelajaran Bahasa Jawa sudah diberikan sejak sekolah dasar. Salah satu materi Bahasa Jawa yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi aksara Jawa. Apalagi terbatasnya jam pelajaran yang ada, menyebabkan materi aksara Jawa belum bisa diajarkan secara maksimal. Untuk itu, seorang guru harus kreatif dalam mengajar agar dapat menarik minat siswa untuk mempelajari materi aksara Jawa lebih dalam. Oleh sebab itu, perlu adanya perubahan dalam sarana dan prasarana pembelajaran seperti media pembelajaran yaitu dengan menggunakan Media Kartu Carawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini dilaksanakan dengan bentuk penelitian pengembangan atau sering disebut dengan research and development (R\&D). Prosedur pengembangan terdiri dari identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Keenam prosedur tersebut disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian produk. Media Kartu Carawa ini kemudian dinilai dan diberi masukan oleh satu dosen ahli media, satu dosen ahli materi, dua peer reviewer, tiga guru Bahasa Jawa MI, dan diberi respon oleh 15 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Kartu Carawa yang telah dikembangkan mempunyai kualitas baik menurut penilaian ahli media dengan skor 33 dan persentase keidealan sebesar 82,5\%, sangat baik menurut ahli materi dengan skor 59 dan persentase keidealan sebesar 90,77\%, sangat baik menurut peer reviewer dengan skor rata-rata 94 dan persentase keidealan sebesar 89,52\%, dan sangat baik menurut guru Bahasa Jawa MI dengan skor rata-rata 96 dan persentase keidealan sebesar 91,43\%. Sedangkan berdasarkan respon siswa diperoleh kualitas baik dengan skor rata-rata 33,07 dan persentase keidealan sebesar 82,83\%.} }