%A NIM. 11480019 NURUL DWI ASTUTI %O Dr. Istiningsih, M.Pd. %T PENGARUH PROFESIONALISME GURU (BERSERTIFIKAT PENDIDIK) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MA’ARIF BEGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X Nurul Dwi Astuti, “Pengaruh Profesionalisme Guru (Bersertifikat Pendidik) terhadap Prestasi Belajar Siswa MI Ma’arif Bego Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Guru memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Untuk menjadi guru yang profesional, guru harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru yaitu dengan program sertifikasi guru. Sertifikasi, yaitu pemberian sertifikat kepada guru yang telah memenuhi syarat profesional. Di MI Ma’arif Bego, terdapat 14 orang guru yang sudah bersertifikat pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: 1) prestasi belajar siswa kelas I-VI MI Ma’arif Bego yang diampu guru profesional (bersertifikat pendidik), 2) profesionalisme guru yang bersertifikat pendidik di MI Ma’arif Bego, dan 3) pengaruh profesionalisme guru (bersertifikat pendidik) terhadap prestasi belajar siswa MI Ma’arif Bego. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah angket profesionalisme guru yang mencakup empat kompetensi guru, dan prestasi belajar siswa yang diambil dari nilai rata-rata raport siswa sampai dengan semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan: 1) prestasi belajar siswa MI Ma’arif Bego tergolong dalam kategori cukup baik, yaitu sebanyak 54 orang siswa atau dengan persentase sebesar 32,73%; 2) lima orang guru yang sudah bersertifikat pendidik tergolong dalam tingkat profesionalisme sangat tinggi dengan skor angket antara 95-108, sedangkan sembilan orang guru lainnya tergolong dalam tingkat profesionalisme tinggi; serta 3) profesionalisme guru (bersertifikat pendidik) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan perolehan nilai Sig. antara profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa sebesar 0,019 atau (0,079 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru (bersertifikat pendidik) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa MI Ma’arif Bego dengan pengaruhnya sebesar 38,1%. %K Kata Kunci: Profesionalisme Guru (Bersertifikat Pendidik), Prestasi Belajar Siswa %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16493