eprintid: 16498 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/64/98 datestamp: 2015-07-29 04:25:54 lastmod: 2015-07-29 04:25:54 status_changed: 2015-07-29 04:25:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KIKIN MAYA SARI, NIM. 11480011 title: PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA MATERI PENGUBINAN BAGI SISWA SD/MI BERDASAR KURIKULUM 2013 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Alat Peraga, Matematika, dan Pengubinan. note: Luluk Mauluah, M.Si, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik produk dan karakteristik proses alat peraga matematika materi pengubinan yang dikembangkan, (2) Mengetahui kelayakan alat peraga yang dikembangkan berdasarkan validitas ahli materi, ahli media, guru, dan peer reviewer, (3) Mengetahui Kompetensi Dasar (KD) yang bisa menggunakan produk alat peraga matematika materi pengubinan, (4) Mengetahui respon siswa terhadap alat peraga matematika materi pengubinan yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan alat peraga matematika materi pengubinan terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji terbatas dan revisi, produk akhir. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan alat peraga matematika ini dengan menggunakan lembar angket. Alat peraga matematika dinilai oleh 3 wali kelas dan direspon 10 siswa MIN Yogyakarta I melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kategori penilaian ideal. Hasil penilaian alat peraga metamatika materi pengubinan yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 34 dan persentase keidealan sebesar 97%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 48 dan persentase keidealan sebesar 96%. Berdasarkan penilaian 3 guru adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 152 dan persentase keidealan sebesar 92%. Berdasarkan penilaian 3 peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 149 dan persentase keidealan sebesar 90,3%. Berdasarkan respon 10 siswa kelas IV MIN Yogyakarta I adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 100 dan persentase keidealan sebesar 100%. Sehingga alat peraga yang dikembangkan layak untuk digunakan. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KIKIN MAYA SARI, NIM. 11480011 (2015) PENGEMBANGAN MODEL ALAT PERAGA MATEMATIKA MATERI PENGUBINAN BAGI SISWA SD/MI BERDASAR KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16498/2/11480011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16498/1/11480011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf