%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI MASITOH, NIM. 11480008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16499 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, MI Ma’arif Giriloyo I %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16499/ %X Siti Masitoh, “Implementasi nilai-nilai karakter di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah kekhawatiran akan merosotnya nilainilai karakter pada diri anak padahal mereka adalah penerus generasi bangsa di masa yang akan datang. Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan banyak anak terlena dan mengkesampingkan nilai-nilai karakter yang sejatinya adalah pembentuk jati diri setiap anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif Giriloyo I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter di MI Ma’arif Giriloyo I mengacu pada visi dan misi sekolah. Secara khusus implementasi nilai-nilai karakter diwujudkan dengan adanya program-program yang mendukung terbentuknya karakter peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas. Di dalam kelas guru menggunakan RPP yang mencantumkan nilai-nilai karakter dan dipraktikan dalam pembelajaran. Di luar kelas misalnya sebelum masuk kelas siswa bersalaman dengan guru piket di gerbang sekolah, lalu ada kegiatan memungut sampah sebelum bel masuk, kegiatan membaca Asmaul Husna dan tadarus bersama sebelum berdoa, sholat berjamaah wajib untuk kelas III-VI, pembelajaran wajib iqro untuk semua kelas sepulang sekolah dan adanya perpustakaan yang maju. Selain itu ada pembelajaran mulok membatik dan kegiatan ekstrakurikuler juga sangat mendukung terbentuknya karakter siswa, misalnya ekstra pramuka, drumband, qiro’ah, melukis, Bahasa Arab, komputer, dan ekstra hadrah. %Z Drs. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd