TY - THES N1 - Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I ID - digilib16500 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16500/ A1 - EVI FEBRIANA, NIM. 11480004 Y1 - 2015/05/19/ N2 - EVI FEBRIANA, ?Efektivitas Penggunaan Papan Dakon Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Di Kelas II MIM 02 Merden, Banjarnegara? Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga 2015. Konsep matematika dapat dipahami dengan mudah apabila kendala utama yang menyebabkan siswa sulit memahami dapat dikurangi atau dihilangkan. Siswa memerlukan alat bantu berupa media atau alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan oleh guru sehingga lebih cepat dipahami dan dimengerti oleh siswa. Dengan demikian, dalam mengajarkan matematika perlu adanya benda-benda konkrit yang merupakan model dari ide-ide matematika, yang selanjutnya disebut sebagai alat peraga atau alat bantu pembelajaran. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran yang berlangsung di kelas II mulai perencanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon serta hasil yang dilihat selama proses pembelajaran dengan menggunakan papan dakon. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada, sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung pada saat itu., yaitu penelitian menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran peneitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data yang dilakukan seperti metode wawancara, metode observasi partisipatif, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan papan dakon telah sesuai dengan persiapan yang dirancang dalam langkah-langkah pembelajaran, dimana langkalangkah pembelajaran tersebut meliputi penyusunan langkah pembelajaran, penyiapan media papan dakon, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan papan dakon dan penilaian pembelajaran dengan memberikan soal tes disetiap akhir pertemuan. Sedangkan hasil pembelajaran metaematika dengan menggunakan papan dakon yakni dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil tes yang telah diberikan di setiap akhir pembelajaran. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan papan dakon juga mampu membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci: Pembelajaran Matematika KW - Papan Dakon KW - Pembelajaran Matematika M1 - skripsi TI - KONTRIBUSI PENGGUNAAN PAPAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS II MIM 02 MERDEN BANJARNEGARA AV - restricted ER -