%0 Thesis %9 Skripsi %A ERWIN FERTINA, NIM. 10680047 %B FAK. SAINTEK %D 2015 %F digilib:16560 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K hasil belajar, IPA terpadu, LKS, model connected. %P 191 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERBASIS MODEL CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS N YOGYAKARTA II %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16560/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKS IPA terpadu berbasis model connected terhadap hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas VIII di MTs N Yogyakarta II pada materi sistem pencernaan manusia dan bahan kimia dalam makanan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan LKS IPA terpadu berbasis model connected dan kelas kontrol menggunakan LKS sekolah. Instrumen pengumpulan data adalah tes (pretest, posttest). Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 78,17% dan kelas kontrol sebesar 71,77%. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test p < 0,05, sehingga penggunaan LKS IPA terpadu berbasis model connected efektif terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif. %Z Sulistiyawati, M.Si