eprintid: 16561 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/01/65/61 datestamp: 2015-07-31 03:01:15 lastmod: 2015-07-31 03:01:15 status_changed: 2015-07-31 03:01:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DWI RENI HASTUTI, NIM. 11680004 title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Model PBL, Scientific Approach, Avertebrata, Hasil Belajar. note: Dian Noviar, M.Pd.Si., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015, (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah psikomotorik siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling, yaitu kelas X3 (kelas eksperimen) dan kelas X4 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,001 < 0,05. (2) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,029 < 0,05. (3) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah psikomotor siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000 < 0,05. date: 2015-06-17 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAK. SAINTEK thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DWI RENI HASTUTI, NIM. 11680004 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16561/1/11680004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16561/2/11680004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf