TY - THES N1 - Sulistyawati, M.Si ID - digilib16562 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16562/ A1 - ANNISA DEVI RAHMAWATI, NIM. 11680007 Y1 - 2015/06/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model cooperative learning tipe tea party dengan modul sistem regulasi terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta II pada pokok bahasan sistem regulasi submateri sistem indera. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada semua sampel kelas, Data yang dihasilkan kemudian dibandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data keaktifan siswa diperoleh dengan melakukan pengisian angket setelah proses pembelajaran selesai. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta II. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis data keaktifan dan hasil belajar dengan mann whitney u test. Uji hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai sig 0,010<0,05 dan hasil analisis data keaktifan belajar memiliki nilai sig 0,000<0,05 maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan model cooperative learning tipe tea party dengan modul sistem regulasi efektif meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan model konvensional pada materi sistem regulasi submateri sistem indera siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta II. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hasil Belajar KW - Keaktifan KW - Modul KW - Sistem Regulasi KW - Tea Party M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEA PARTY DENGAN MODUL SISTEM REGULASI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA II AV - restricted EP - 153 ER -