TY - THES N1 - A. Said Hasan Basri, S.Psi.,M.Si. ID - digilib16570 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16570/ A1 - MUHAMMAD ALFIYAN DZULFIKAR, NIM. 09220012 Y1 - 2015/05/19/ N2 - Muhammad Alfiyan Dzulfikar. 09220012. Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Beda Agama Di SMKN 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarata: Fakulatas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Perbedaan pemahaman agama antara guru BK dengan siswa terkadang menjadi persoalan baru dalam proses layanan bimbingan dan konseling di Instansi Pendidikan, sehingga dibutuhkan guru BK yang multireligus dan multicultural serta kemampuan dan wewenang dalam proses bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal pelakasanaan praktis dari bimbingan dan konseling lintas agama. Penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan bagi seluruh praktisi bimbingan dan konseling untuk memaknai pluralitas didalam ligkungan sekolah sehingga diharapkan pelayananan BK dapat membantu seluruh siswa secara maksimal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari teori-teori yang dibahas dalam bimbingan konseling Islam dan konseling Pastoral. Obyek penelitian ini adalah layanan bimbingan dan konseling bagi siswa beda agama dan kendala yang dihadapi guru BK dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling bagi siswa beda agama di SMKN 5 Yogyakarta, melalui strategi layanan bimbingan dan konseling, baik secara individual maupun kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan dan konseling bagi siswa beda agama dan apa kendala yang dihadapi guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling pada beda agama di SMKN 5 Yogayakarta. Hasil penelitian ini menunjukan: 1). Terdapat sepuluh layanan bimbingan dan konseling di SMKN 5 Yogyakarta yaitu layanan orientasi, informasi, penempatan da penyaluran, pembelajaran, konseling individu, konseling kelompok, bimbingan kelompok,kolaborasi dengan guru mata pelajaran, alih tangan/referral, bimbingan klasikal. 2). Kendala yang dihadapi guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa beda agama yaitu keterbatasan pengetahuan mengenai agama Kristen yang di miliki guru BK, kurangnnya fasilitas yang memadahi, dan tidak adanya jam masuk kelas bagi guru BK. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Keyword: Layanan bimbingan dan konseling KW - Siswa Beda Agama. M1 - skripsi TI - LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA BEDA AGAMA DI SMKN 5 YOGYAKARTA AV - restricted ER -