%A NIM. 11220010 NISHFI FAUZIAH ROCHMAH %O Dr. H. Abdullah, M.Si. %T BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI DIFABEL DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA %X NISHFI FAUZIAH ROCHMAH,Bimbingan Keagamaan Bagi Difabel di SLB Negeri 2 Yogyakarta, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kurangnya perhatian dari pemerintah tentang pendidikan di Indonesia, sedangkan pendidikan sangat penting diterapkan sejak dini. Salah satunya pendidikan keagamaan, setiap anak berhak mendapatkan pendidikan keagamaan. Baik anak yang normal maupun anak yang berkebutuhan khusus. Salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan keagamaan adalah lingkungan, terutama lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 3 pembimbing agama Islam dan 3 siswa difabel tunagrahita ringan tingkat SMPLB. Obyek dalam penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi siswa SMPLB difabel tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan islam terhadap siswa SMPLB difabel tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi bimbingan keagamaan meliputi bimbingan ibadah, aqidah, dan akhlak. Sedangkan dalam proses pelaksanaan bimbingan keagamaan bagi siswa SMPLB difabel tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta, terdapat tiga tahap yaitu persiapan pelaksanaan bimbingan keagamaan, kemudian pelaksanaan bimbingan keagamaan, evaluasi hasil bimbingan keagamaan serta tindak lanjut dari evaluasi hasil bimbingan tersebut tersebut. %K Kata Kunci : Bimbingan Keagamaan dan Difabel %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16575