relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16578/ title: PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA creator: ROFIQOH KHOIRUNNISA, NIM. 11220019 subject: Bimbingan dan Konseling Islam description: ROFIQOH KHOIRUNNISA. Pengembangan Spiritualitas sebagai Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Pentingnya kedisiplinan dalam dunia pendidikan sangat menentukan kualitas pendidikan di sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan siswa adalah melalui pengembangan spiritualitas. SMA Negeri 5 Yogyakarta merupakan sekolah umum yang berbasis afektif yang unggul dalam pendidikan agama Islam yang mempunyai tujuan menciptakan manusia yang memiliki citra moral, citra kecendekiawan, citra kemandirian, dan berwawasan lingkungan berdasarkan atas ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa telah menerapkan pengembangan spiritualitas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan melalui pengembangan spiritualitas siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang kemudian di rangkum dan dicari makna dan diuraikan yang berbentuk narasi kemudian disimpulkan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan melalui pengembangan spiritualitas siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta adalah:1) Upaya pencegahan (preventif) dan pengembangan (development) melalui, a).Pagi simpati untuk mendisiplinkan pakaian atau kerapian siswa, b) do’a bersama untuk mendisiplinkan waktu dan belajar siswa, c) tadarus Alqur’an, menghafal Alqur’an, dan Khatam Alqur’an untuk mendisiplinkan pribadi siswa dalam bersikap, d) shalat duha dan shalat dzuhur untuk mendisiplinkan waktu. 2) Upaya perbaikan atau pengobatan (Kuratif) melalui punishment pada kegiatan keagamaan untuk meningkatkan semua bentuk kedisiplinan. date: 2015-05-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16578/2/11220019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16578/1/11220019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf identifier: ROFIQOH KHOIRUNNISA, NIM. 11220019 (2015) PENGEMBANGAN SPIRITUALITAS SEBAGAI UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.