%A NIM. 11220040 LILIES MARLYNDA %O Slamet, S.Ag., M.Si. %T UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG BERPACARAN BAGI SISWA SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %X LILIES MARLYNDA. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Berpacaran Bagi Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunankalijaga, 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang berpacaran bagi siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan dokumen-dokumen yang dimiliki guru bimbingan konseling. Objek penelitian ini adalah bentuk-bentuk perilaku menyimpang berpacaran siswa serta upaya dari guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang berpacaran bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku menyimpang berpacaran yang dilakukan oleh siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta adalah berpegangan tangan sampai berpelukan, berciuman, berpergian bersama dengan pacar dan berhubungan seksual sehingga mengakibatkan kehamilan diluar pernikahan. Upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta terdiri dari tiga yaitu upaya kuratif, upaya pembinaan, dan upaya preventif bagi siswa yang belum menyimpang. Upaya kuratif yang meliputi konselor sebaya. Upaya pembinaan yang terdiri dari konseling individu dan pemanggilan orang tua / wali siswa. Upaya preventif yang terdiri dari pengadaan surat perjanjian, penyuluhan dari guru BK dan lembaga. %K Kata kunci: 1. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling 2. Perilaku Menyimpang Berpacaran %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16591