%0 Thesis %9 Skripsi %A ROCHAYATUN DWI ASTUTI, NIM. 11220052 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2015 %F digilib:16595 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata Kunci : Teknik Modeling, Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar %T TEKNIK MODELING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16595/ %X ROCHAYATUN DWI ASTUTI, (11220052). Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta, Sikripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan teknik modeling dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan model kualitatif, metode pengumpulan data yang berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah keseluruhan dari sumber informasi yang dapat memberikan data mengenai pelaksanaan teknik modeling dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa, yaitu Bapak Drs. Untung selaku guru Bimbingan dan Konseling, Buyung dan Rosa selaku siswa yang menjadi model, dan Esen serta Gita menjadi anggota kelompok. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan teknik modeling dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa memiliki beberapa tahapan yaitu pembentukan, peralihan, pelaksanaan, penutup, evaluasi. SMA Negeri 3 Yogyakarta menggunakan dua tipe model yaitu live model dan symbolic model. %Z Muhsin Kalida, S.Ag, M.A