eprintid: 16599 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/65/99 datestamp: 2015-08-03 07:18:20 lastmod: 2015-08-03 07:18:20 status_changed: 2015-08-03 07:18:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WINDA ZAKIA BARID, NIM. 11220072 title: UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR RENDAH SISWA DI SMP NEGERI 4 SLEMAN ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar Rendah note: Slamet, S.Ag., M.Si. abstract: WINDA ZAKIA BARID. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Rendah Siswa di SMP Negeri 4 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran dinyatakan dengan prestasi belajarnya.. Pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan merupakan komponen utama pendidikan. Jika hilang salah satu komponen, hilang pulalah hakikat pendidikan. Guru bimbingan dan konseling adalah salah satu komponen terpenting dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Penelitian ini berupaya menjelaskan rumusan masalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar rendah siswa. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar rendah siswa Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah keseluruhan dari sumber informasi yang dapat memberikan data tentang siswa yang memiliki prestasi belajar rendah yaitu guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 4 Sleman dan 3 siswa dari kelas IX yaitu kelas IXA, IXB, dan IXC. Sedangkan informan dalam penelitian adalah guru mata pelajaran dan kepala sekolah SMP Negeri 4 Sleman. Dan obyek dari penelitian ini adalah upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar rendah siswa. Penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif, yaitu dengan mengumpulan data adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dalam meningkatkan prestasi belajar yang rendah pada kelas IX menunjukkan bahwa menggunakan identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, pemberian bantuan, evaluasi dan tindak lanjut. date: 2015-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: WINDA ZAKIA BARID, NIM. 11220072 (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR RENDAH SISWA DI SMP NEGERI 4 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16599/2/11220072_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16599/1/11220072_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf