%0 Thesis %9 Skripsi %A RATIH TEJA MURTI, NIM. 11220104 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2015 %F digilib:16607 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Key Words: Peran Guru Kelas, Menangani Anak Berperilaku Agresif, TK Minggiran Yogyakarta %T PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERPERILAKU AGRESIF ( STUDI KASUS 2 ANAK DI TK MINGGIRAN YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16607/ %X RATIH TEJA MURTI, “Peran Guru Kelas Dalam Menangani Anak Berperilaku Agresif “ ( Studi Kasus 2 Anak Di TK Minggiran Yogyakarta). Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkah laku anak yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara fisik. Peran pendidik dalam hal ini guru kelas diharapkan mampu menjadi pembimbing dan pendidik anak, termasuk menangani sifat agresif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku agresif 2 anak di TK Minggiran Yogyakarta, dan untuk mengetahui peran guru kelas dalam menangani anak berperilaku agresif di TK Minggiran Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini yaitu dua anak agresif di kelas A ( 0 kecil). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku agresif Bias, yaitu: 1) memukul, 2) mendorong, 3) melempar benda keras, 4) menjewer ,5) mencubit. Bentuk perilaku agresif Radit, yaitu: 1) memukul, 2) menendang, 3) mendorong, 4) menindih. Kesimpulan mengenai Peran Guru Kelas dalam menangani anak berperilaku agresif di TK Minggiran Yogyakarta yaitu, terdiri dari 4 peran. Adapun 4 peran tersebut yaitu: 1) Peran Guru sebagai korektor, 2) Peran guru sebagai inspirator, 3) Peran guru sebagai organisator, 4) Peran guru sebagai motivator. %Z Dr. Irsyadunnas, M.Ag.