%A NIM. 11210064 RENDY CANDRA GUNAWAN %O Khadiq, S.Ag., M. Hum %T REPRESENTASI SABAR DALAM IKLAN “ROKOK DJARUM SUPER” DI TELEVISI BULAN RAMADHAN 2014 (ANALISIS SEMIOTIK ROLLAND BARTHES) %X Penelitiaan yang berjudul ‘Representasi Sabar Dalam iklan Rokok Djarum Super Di Televisi Pada Bulan Ramadhan 2014 (Analisis Semiotik Roland Barthes) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripskan representasi sabar dalam iklan rokok Djarum Super yang tayang pada bulan ramdhan 2014. Penelitiaan ini dilakukan dengan analisis semiotik Roland Barthes dengan jenis penelitiaan deskriptif kualitatif. Objek penelitiaan ini adalah representasi sabar dalam iklan rokok Djarum Super pada bulan Ramadhan 2014, sedangkan subjek penelitian ini adalah iklan Rokok Djarum Super. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, dari sumber data primer berupa video iklan dari youtube. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada iklan rokok Djarum Super pada bulan Ramadhan 2014 terdapat tiga indikator representasi sabar yang terdapat dalam iklan rokok Djarum Super, yaitu: 1) Sabar dalam melaksanakan ketaatan dari Allah SWT, 2) Sabar terhadap ujian dari Allah SWT 3) Sabar terhadap perilaku yang tidak baik dari orang lain. %K Kata Kunci: Pesan, EtosKerja, Film, Analisis Semiotik. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16627