%A NIM. 11210073 KHOIRUN NI’MAH %O Saptoni, S.Ag., M.A, %T OPTIMALISASI PENGGUNAAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PENGELOLAAN ZAKAT OLEH LEMBAGA DOMPET DHUAFA %X Khoirun Ni’mah, 11210073. 2015. Optimalisasi Penggunaan Website sebagai Media Publikasi Pengelolaan Zakat oleh Lembaga Dompet Dhuafa. Skripsi: Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Aktivitas publikasi terkait pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga sosial di era modern ini telah banyak menggunakan media penunjang yang efektif, efisien, dan menarik bagi masyarakat luas. Salah satu media penunjang aktivitas publikasi adalah website yang merupakan bagian dari media internet. Website memiliki keunggulan dalam hal publikasi atau penyebaran informasi secara lebih efektif dibandingkan media massa lainnya. Lembaga Dompet Dhuafa yang merupakan salah satu lembaga sosial di Indonesia juga menggunakan website sebagai media publikasi terkait aktivitas-aktivitas pengelolaan zakat. Meskipun website merupakan media penyebarluasan informasi yang efektif dan efisien dibandingkan media massa lainnya, namun tidak mudah menarik perhatian komunikan/user untuk mengunjungi website. Oleh karena itu dibutuhkan optimalisasi pendayagunaan website dalam pengelolaan isi dan tampilan website. Dengan demikian website akan menjadi menarik dan komunikatif untuk sering dikunjungi oleh komunikan/user. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada optimalisasi penggunaan website sebagai media publikasi pengelolaan zakat, dengan penekanan pada manajemen atau pengelolaan isi website Dompet Dhuafa berdasarkan karakteristik dan tujuan website sebagai media publikasi online. Setelah melakukan penelitian dengan data yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa optimalisasi penggunaan website sebagai media publikasi pengelolaan zakat oleh lembaga Dompet Dhuafa menggunakan dua prinsip yakni optimalisasi berdasarkan karakteristik dan tujuan website sebagai media publikasi online. Karakteristik tersebut meliputi kecepatan dan aktualitas informasi, updating informasi, interaktifitas, multimedia, kapasitas muatan besar, dan keterhubungan dengan sumber lain (hyperlink). Sedangkan tujuan website sebagai media publikasi meliputi penyebaran informasi, menciptakan kesadaran, tujuan riset, meningkatkan pelayanan, dan meningkatkan distribusi. Dengan kedua prinsip tersebut, maka tampilan isi website terlihat lebih utuh, lengkap, dan komunikatif guna menarik perhatian komunikan/user untuk mengunjungi website ini. %K Kata Kunci: Optimalisasi Penggunaan Website, Media Publikasi, Lembaga Dompet Dhuafa. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16629