@phdthesis{digilib16662, month = {April}, title = {KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X MAN WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11420041 ARI LUTFI ANSORI}, year = {2015}, note = {Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I}, keywords = {Kreativitas guru, pembelajaran bahasa Arab, minat belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16662/}, abstract = {Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab , sejauh mana minat belajar siswa setelah guru mengembangkan kreativitas dan faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di MAN Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab adalah penggunaan tiga bahasa dalam mengajar, sikap yang hangat dan menumbuhkan partisipasi positif, memberi motivasi dan mendorong peserta didik untuk belajar dan membimbing mereka supaya lebih maju. 2) hasil analisis menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar bahasa Arab adalah tinggi, hal ini terbukti dengan adanya perubahan sikap dan tingkah laku siswa ketika mengikuti pelajaran bahasa Arab dan hasil angket 3) a. Faktor pendukung: tersedianya sarana dan prasarana, antusiasme peserta didik dan lingkungan belajar. b. Faktor penghambat: Banyaknya siswa yang belum lancar membaca dan menulis teks arab, Minimnya pengetahuan siswa tentang bahasa Arab dan pelajaran bahasa Arab yang berada di jam terakhir. Kata kunci: Kreativitas guru, pembelajaran bahasa Arab, minat belajar} }