%0 Thesis %9 Skripsi %A IRSYAD KHOLIS FATCHURROZAQ, NIM 11420057 %B FAK. TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16681 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Prestasi belajar bahasa Arab, studi komparasi, kurikulum 2006, dan kurikulum 2013 %P 126 %T PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DAN SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 (STUDI KOMPARASI PENERAPAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16681/ %X Pembahasan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII yang menerapkan kurikulum 2006 dan siswa kelas VII yang menerapkan kurikulum 2013, serta perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri Yogyakarta 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prestasi belajar bahasa Arab yang dicapai siswa kelas VIII MTs Negeri Yogyakarta 1 yang menerapkan kurikulum 2006 mempunyai nilai rata-rata 78,8. 2) Prestasi belajar bahasa Arab yang dicapai siswa kelas VII MTs Negeri Yogyakarta 1 yang menerapkan kurikulum 2013 mempunyai nilai rata-rata 76,9. 3) Berdasarkan hasil uji tes yang peneliti lakukan, menunjukkan bahwa besarnya t0 adalah ����� sedangkan besarnya tt.ts5% dan tt.ts1% yakni 1.671 dan 2,390, maka dapat diketahui t0 lebih kecil daripada pada tt yaitu : 1,671 > ������< 2,390 karena t0 lebih kecil daripada pada tt maka hipotesis nihil (Ho) diterima. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar bahasa Arab antara siswa kelas VIII yang menerapkan kurikulum 2006 dan siswa kelas VII yang menerapkan kurikulum 2013 tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kata kunci: Prestasi belajar bahasa Arab, studi komparasi, kurikulum 2006, dan kurikulum 2013 %Z Muhammad Jafar Shodiq, M. SI