eprintid: 16682 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/66/82 datestamp: 2015-08-07 04:44:11 lastmod: 2015-08-07 04:44:11 status_changed: 2015-08-07 04:44:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHUSNI ARUM, NIM 11420133 title: KREATIVITAS GURU (MUSYRIFAH) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWI KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kreativitas Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswi. note: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. abstract: Kajian ini menjadi penting karena pada dasarnya guru merupakan faktor eksternal yang berpengaruh dalam membangkitkan motivasi belajar siswi, sehingga tujuan pengajaran akan dapat dicapai secara optimal. Bahasa Arab merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengetahuan syari’at, sehingga siswi membutuhkan perhatian yang serius dalam belajar bahasa Arab agar apa yang diajarkan oleh guru dapat diterima dan dipahami oleh siswi. Penelitian Lapangan (field research) ini merupakan penelitian dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci, serta metode analisi kuantitatif untuk menganalisa hasil angket siswi dalam hal motivasi belajar bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan sumber data siswi kelas VIII dan guru bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapati beberapa kesimpulan sebagai jawaban dari pokok masalah: Kreativitas guru Bahasa Arab di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk meningkatkan motivasi siswi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab meliputi: faktor yang mendukung berkembangnya kreativitas adalah 1) keterbukaan guru terhadap pengalaman sekitarnya, 2) kemampuan mengevaluasi hasil, 3) kemampuan untuk menggunakan hasil, 4) kemampuan menggunakan konsep yang telah ada dan 5) faktor kepribadian seperti kepercayaan diri, kebebasan berekspresi secara jujur, tegas dan terbuka tanpa mengecilkan dan mengesampingkan orang lain dan berani bertanggung jawab. Demikianlah faktor internal yang telah dipenuhi guru Bahasa Arab: 1) keyakinan yang tinggi akan kemampuan pribadi dan perubahan anak didik kearah yang lebih baik melalui proses interaksi guru-murid yang fun, 2) guru tidak kaku, luwes, dan dapat memahami kondisi siswi, 3) rasa hormat yang senantiasa ditumbuhkan di depan siswi, 4) guru memiliki kesabaran, kelembutan, dan kasih sayang yang lebih efektif dalam proses belajar mengajar dan lebih mudah memunculkan solusi atas berbagai masalah yang muncul, 5) guru mampu menjadi teladan kedisiplinan, 6) guru mempunyai kesabaran lebih dalam memahami keberagaman siswi, 7) guru juga tidak membuat jarak yang lebar dengan siswi, 8) guru juga memiliki kreativitas dalam strategi pembelajarannya seperti memberikan angka, mengadakan kompetisi, menerapkan ego involment, memberikan ulangan, mengecek hasil pembelajaran, memberikan pujian, memberikan hukuman, merangsang hasrat dan minat belajar siswi sesuai kebutuhannya. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan, kebudayaan serta pendidikan yang membangun dapat dijadikan salah satu faktor yang mendukung berkembangnya kreativitas. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswi. date: 2015-06-22 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAK. TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KHUSNI ARUM, NIM 11420133 (2015) KREATIVITAS GURU (MUSYRIFAH) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWI KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16682/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16682/2/BAB%20II%2C%20III.pdf