%0 Thesis %9 Skripsi %A RIZKY RACHMATIKA AMINI, NIM 11420052 %B FAK. TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2015 %F digilib:16705 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problematika, Pembelajaran Muhadaṡah,Jurusan Agama %P 157 %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHĀDAṠAH DI JURUSAN AGAMA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2014-2015 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16705/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang proses pembelajaran muḥādaṡah, problematikanya serta upaya untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran muḥādaṡah mencakup tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) problematika pembelajaran muḥādaṡah yang dihadapi oleh siswa dan guru, yaitu problematika linguistik : siswa kesulitan dalam melafalkan teks percakapan dengan intonasi yang benar serta minimnya penguasaan kosakata siswa, sedangkan problematika non linguistik : kurangnya pemberian motivasi dari guru kepada siswa, kurangnya minat siswa dalam mempelajari muḥādaṡah, kurangnya penggunaan media pembelajaran, alokasi waktu yang tidak mencukupi serta kurang bervariasinya metode yang digunakan guru dalam mengajar (3) adapun upaya untuk mengatasi problematika tersebut dilakukan oleh semua civitas madrasah baik kepala madrasah, guru dan siswa. %Z Drs. Dudung Hamdun, M.Si