TY - THES N1 - Pembimbing : Drs Asrori Saud, Msi ID - digilib1671 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1671/ A1 - AGUS ROHMADI 0242 1234, Y1 - 2009/01/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran imla' di kelas VIII A MTsN Wonokromo 2) Untuk mengetahui problem yang dihadapi siswa kelas VIII A dalam menulis imla' 3) Untuk mengetahui factor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami problem imla' 4) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi problem imla' bagi siswa kelas VIII A MTsN Wonokromo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A MTsN Wonokromo karena penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas VIII A MTsN Wonokromo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Dalam melakukan obervasi, peneliti terjun langsung dikelas mengikuti jalannya pelajaran dari awal sampai akhir untuk memperoleh data yang dibutuhkan sedangkan tes dilaksanakan untuk megetahui kemampuan siswa dalam imla' serta melihat perkembangan hasil yang diperoleh siswa dalam imla'. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif atau analisis nonstatistik. Kegiatan analisis juga dilakukan dengan melakukan catatan reflektif yakni pemikiran yang timbul saat penulis mengamati jalannya proses pembelajaran imla' dan merupakan proses membandingkan, mengaitkan atau menghubungkan data yang ditampilkan dengan data sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A MTsN Wonokromo menghadapi problem dalam menulis imla'. Adapun factor penyebabnya adalah 1) Siswa kurang terbiasa dengan menulis imla' karena pelajaran imla' kurang mendapat perhatian khusus dari pihak pengajar 2) Faktor dari guru yaitu ketika membacakan kata yang diimla' kurang fasih makhrojnya dan dengan ejaan yang agak cepat 3) Siswa kurang mengetahui kaidah tulisan arab 4) Minat siswa yang kurang dalam mengikuti pelajaran imla'. Adapun solusinya 1) Membuat siswa agar terbiasa dengan imla' yaitu dengan diterapkannya pelajaran imla' pada siswa dengan kapasitas waktu yang mencukupi 2) Guru harus memperhatikan setiap huruf yang dibacakan, makhrojnya serta bacaan madnya dan dengan ejaan yang tidak terlalu cepat 3) Siswa diberikan pengertian tentang kaidah menulis arab yang benar 4) Guru senantiasa memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat mengikuti pelajaran. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pengajaran Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA IMLA' DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTsN WONOKROMO AV - restricted ER -