<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI"^^ . "Fokus penelitian ini adalah penyelesaian konflik\r\nantarumat beragama di Kepulauan Kei. Penyelesaian konflik\r\nitu dilakukan oleh sistem adat Lar Vul Ngabal. Konflik yang\r\nterjadi di Kepulauan Kei merupakan rentetan peristiwa yang\r\nbennula dari Ambon, Ibu Kota Propinsi Maluku. Korban jiwa\r\ndan harta pun tidak terhindarkan. Berbagai upaya telah\r\ndilakukan oleh pemerintab untuk menyelesaikan konflik\r\ntersebut, tennasuk penambahan pasukan TNI clan POLRI\r\nlengkap dengan persenjataan tempumya. Bersamaan dengan\r\nitu, tim rekonsiliasi pun dibentuk. Hasil yang diharapkan justru\r\nsebaliknya. Konflik semakin bereskalasi melanda hampir\r\nseluruh Kepulauan Kei.\r\nMasyarakat Kepulauan Kei memiliki hukum adat yang\r\ndisebut Lar Vul Ngaba/. Adat itu diterima sebagai pemersatu\r\nmasyarakat, baik masyarakat Islam maupun masyarakat\r\nKristen. Nam.un, konflik antarumat beragama justru terjadi di\r\ntengah kebersamaan itu. Untuk itu, penelitian tentang\r\npenyelesaian konflik antarumat beragama ini berupaya untuk\r\nmengetahui operasionalisasi hukum adat Lar Vu/ Ngaba/\r\ndalam kehidupan masyarakat. Demikian pula mekanisme serta\r\nefektivitas penyelesaian konflik antarwnat beragama melalui\r\nhukum adat tersebut. Hal yang menarik dari hukum adat Lar\r\nVu/ Ngaba/ ini adalah bahwa ternyata pembentukannya\r\ndiwarnai oleh hukum Islam dan menjadi ciri khas dalarn\r\npelaksanaan hukum adat tersebut.\r\nUntuk mendapatkan basil optimal tentang penyelesaian\r\nkonflik tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan\r\nantropologi. Pendekatan itu didasarkan pada analisis M.\r\nLawrence Friedman tentang teori hukum substantif dan hukum\r\nprosedural. Konsep tersebut digunakan sebagai instrumen yang\r\nmengarahkan pada analisis normatif dalam Lar Vul Ngabal\r\nsebagai hukum yang hidup dalarn masyarakat. Konsep tersebut\r\ndipadu dengan teori etis dari Spuarmill. Penekanan teori etis\r\nSpuarmill adalah perlakuan yang seimbang terhadap individu,\r\nkelompok maupun golongan dalam berbagai persoalan\r\nkemasyarakatan. Demikian pula dengan teori utilitis dari J.\r\nBentham. Penekanan teori utilitis J. Bentham adalah terutama\r\nbagaimana hukum dapat membahagiakan dan mengurangi\r\npenderitaan masyarakat. Penerapan teori hukum substantif dan\r\nhukum prosudural dipandang relevan mengingat fokus\r\npenelitian ini adalah penyelesaian konflik antarumat beragama\r\ndi Kepulauan Kei melalui pendekatan antropologi, yakni\r\nhukum adat Lar Vu/ Ngabal. Dari pendekatan dan teori\r\ntersebut, ditemukan bahwa hukum adat Lar Vul Ngabal\r\nmampu menyelesaikan konflik antarumat beragama.\r\nProses penyelesaian konflik yang dimotori oleh\r\nstruktur hukum adat yang • tetap pada orbit Lar Vu/ Ngabal,\r\ndilandasi dengan falsafah Manut Anmehe Ti/ur, fuut Anmehe\r\nNgifun\" (semua orang Kei berasal dari satu keturunan) dan ain\r\nin ain (saling merniliki) yang menghasilkan perdamaian.\r\nPenyelesaian kon.flik tersebut dapat dilakukan secara simultan\r\ndalam tiga bentuk, yakni: mencegah kon.flik untuk memelihara\r\nperdamaian (peace keeping), mendorong transisi dan\r\ntransfonnasi konflik dengan pembentukan perdamaian (peace\r\nmaking), dan mendorong rekonsiliasi dengan membangun\r\nperdamaian (peace building). Sedangkan penyelesaian konflik\r\ndalam konsep hukum Islam dengan mengedepankan sikap\r\n\"memaafkan\" (hermaaf) menjadi solusi terbaik. Dalam artian\r\nbahwa apa yang dilakukan dalam hukwn adat Lar Vu/ Ngaba/\r\nsama dengan cara penyelesaian konflik dalam Islam. Karena\r\nitu hukum adat Lar Vul Ngaba/ memiliki peran yang sama\r\ndalam sumber hukum Islam, yakni memperkuat teori relasi\r\nhukum adat dengan hukum Islam.\r\nDi samping itu, studi ini juga menunjukkan bagaimana\r\nnilai-nilai agama dan nonna lokal dapat berfungsi dalam studi\r\nkeagamaan atau studi kebudayaan. Selain itu, norma lokal juga\r\ndapat dinilai mampu mempertegas fungsi identitas teologis\r\nsuatu kepercayaan keagamaan. Karena itu, norma lokal\r\nsebagaimana hukum adat Lar Vu/ Ngabal disamping sebagai\r\nidentitas sebuah komunitas, ia juga akan mengubah pola pikir\r\ndan hubungan timbal bali.k individu dan kelompok dengan\r\nmeletakkannya di atas common ground (kebudayaan yang\r\ndimiliki). Termasuk dalam hal ini adalah bagaimana konflik\r\nataupun bentuk-bentuk kekerasan antarumat beragama mampu\r\ndipelihara dan dikelola menjadi suatu kreativitas baru yang\r\nbermanfaat bagi sebuah masyarakat berkonflik."^^ . "2009-02-01" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 03.3.386-BR"^^ . "ABD. RAUF"^^ . "NIM. 03.3.386-BR ABD. RAUF"^^ . . . . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI (Text)"^^ . . . "ABD. RAUF - NIM. 03.3.386-BR PERAN HUKUM.pdf"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM\r\nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T\r\nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16729 \n\nRINGKASAN DISERTASI \nPERAN HUKUM ADA T LAR VUL NGABAL DALAM \nPENYELESAIAN KONFLIK ANT ARUMA T \nBERAGAMA DI KEPULAUAN KEI\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .