<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB"^^ . "Inti perrnasalahan pada disertasi ini rnuncul bennula dari diterapkannya\r\npendekatan komunikatif sebagai satu-satunya pendekatan di dalam pembelajaran\r\nbahasa asing te:-r.1asuk bahasa Arab di Indonesia yang terbukti menghasilkan\r\nsiswa-siswa yang lancar berbicara, tetapi sangat sering tidak akurat. Mengingat\r\nbahwa ketidakakuratan dalam ha! berbicara mengindikasikan ketidakakuratan di\r\ndalarn keterampilan yang lain, maka penulis mengajukan tesis bahwa pendekatan\r\nkomunikatif ;ang dikenal sekarang tidak tepat untuk pembelajaran bahasa Arab,\r\noleh karenanya perlu dikernbangkan.\r\nDiscrtasi bcrjudul Pendekatan Komunikntif untuk Pembelajaran Bahasa\r\nArab ini akan meneliti hal tersebut dengan menjawab rumusan masalah berikut: I)\r\nPsikologi belajar apa yang menjadi landasan pijak pendekatan komunikatif itu?;\r\n2) Bagaimana pengembangan teori pendekatan komunikatif supaya sesuai dengan\r\npembelajaran bahasa Arab?; 3) Bagaimana pengembangan model pembelajaran\r\nbahasa Arab dcngan pendekatan komunikatif karnbiumi?\r\nPenelitian in: rnenggur.akan jenis penelitian perpustakaan dengan metode\r\ndokumentasi, metode pembabasan induktif, deduktif dan reflektif, scrta metode\r\nanalisis dengan tiga tahap pengkole3n ala Strauss dan Corbin: terbuka, berporos\r\ndan pilihan. Hasilnya adalah pengembangan pendekatan komunikatif menjadi\r\npendekatan komunikatif kambiumi dengan temuan dan modifikasi sebagai\r\nberikut:\r\nI. Pendekatan komunikatif cenderung berdasarkan kelompok teori belajar\r\nkognitivistik.\r\n2. Pendekatan komunikatif kambiumi, sebagai hasil pengembangan,\r\nmcmpertahankan teori pendekatan komunikatif kecuali hal-hal yang\r\ndimodifikasi yang tercerrnin pada hal-hal di bawah ini:\r\na. Berbasis kebutuhan dan pemotivasian.\r\nb. Kelancaran = ketepatan.\r\nc. Dari transaksional ke interaksional.\r\nd. Pembelajaran 82 tidak same dengan pembelajaran Bl.\r\ne. Tak berkonteks Berkonteks > !ak berkonteks.\r\nf. Berbasis mengalami dan pengalaman.\r\ng. Target pembelajaran adalah pengembangan kompetensi komunikatif\r\nsebatas kelayakan psiko-linguistik.\r\nModifikasi di atas lebih lanjut berimplikasi pada penyiapan bahan ajar:\r\n(a) sc leksi: Fu~]Jii modem dan klasik sekaligus; (b) ~radasi: cenderung ke\r\ngramatikal; (c) penyajian: terpadu dengan qiri'nh jadi acuan; (d) dan\r\npengulangan: bersifat tersebar.\r\n3. Berdasarkan temuan-~emuan di atas oikembangkan suatu model\r\npembelaj::ran bahasa Ar3b de11gan r.ama Modi;( K0!i::.m1k11tif Ka;nbiumi.\r\nPenelitian ini diharapkan dapat membenkan sumoangan sebagai 12.ngl.ah\r\nawal membenahi PBA di Indonesia khususnya."^^ . "2008-07-01" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 85047/S3"^^ . "NAZRI SYAKUR"^^ . "NIM. 85047/S3 NAZRI SYAKUR"^^ . . . . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Text)"^^ . . . "NAZRI SYAKUR - NIM. 85047S3 PENDEKATAN KOMUNIKATIF.pdf"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RINGKASAN DISERTASI\r\nPENDEKATAN KOMUNIKATIF\r\nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16731 \n\nRINGKASAN DISERTASI \nPENDEKATAN KOMUNIKATIF \nUNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .