<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007"^^ . "Penelitian 1111 bertujuan untuk: ( l) mengungkap perencanaan\r\nkurikulum Pondok Pesanlren Modern Islam Assalaam (PPMI) Surakarta dan\r\nnilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya; (2) mengungkap\r\nimplementasi kurikulum PPM! Assalaam dan nilai-ni lai multikultural yang\r\nterkandung di dalamnya; (3) mengungkap evaluasi kurikulum . PPM!\r\nAssalaam dan nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalamnya; serta\r\n(4) rnenemukan model pengembangan kurikulum pesantren multikultural.\r\nPenelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di\r\nPP\\1! Assalaam Surakarta, dengan subyek dan informan penelitiannya\r\nadalah unsur yayasan, direktur pondok, kepala sekolah :v1Ts, MA, SMA, dan\r\nSMK; para guru, para santri, dan beberapa alumni. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan teknik pengamatan terlibat. wawancara mendalam. dan\r\ndokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik\r\ndeskriptif-interpretatif dan analisis isi. Keabsahan data diuji dengan empat\r\ncara: perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan peneliti, triangulasi.\r\ndan pemeriksaan teman sejawat.\r\nPenelitian ini menghasilkan 4 temuan. Pertama, perencanaan kurikulum\r\nPPM! Assalaam dilakukan dengan dua tahap: penyusunan draf dan\r\npembahasan. Penyusunan draf perencanaan dilakukan da lam diskusi\r\nkelompok, sedangkan pembahasan draf dilakukan dalam workshop. Hasil\r\ndari perencanaan kurikulum adalah dokumen kurikulum yang terdiri atas:\r\nprogram pendidikan. kalender akademik, silabus, dan rencana pembelajaran.\r\nDalam perspektif multikultural, perencanaan kurikulum PPM! Assalaam\r\nmemuat nilai-nilai multikultural-yaitu nilai demokrasi dan nilai keadilandan\r\nnilai-nilai anti multikultural sekaligus nilai diskriminasi dan nilai\r\nketidakadi Ian.\r\nKedua, implementasi kurikulum PPM! Assalaam menggunakan model\r\nkurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan menekankan pada pencapaian\r\nkompetensi peserta didik dalam berpikir dan berperilaku. Dalam\r\nimplementasi kurikulum ditcrnukan nilai -nilai multikultural dan nilai-nilai\r\nanti multikultural sekaligus. ~ilai demokrasi. nilai solidaritas dan\r\nkebersamaan, nilai kasih sayang dan memaafkan. serta nilai perdamaian dan\r\ntolcransi tcrdapat dalam materi ajar, kegiatan pembelajaran. dan evaluasi\r\npembelajaran. Adapun nilai diskriminasi dan kelidakadilan terdapat dalam\r\npenggunaan variasi sumber belajar yang hanya diperuntukkan bagi program\r\nlayanan khusus dan bukan pada kelas reguler.\r\n3\r\nKetixa. evaluasi kurikulum PPMI Assalaam dilakukan pada setiap akhir\r\nsemester. dengan menekankan pada aspek implementasi kurikulum. baik\r\nuntuk implementasi kurikulum pondok maupun implementasi kurikulum\r\nsekolah/madrasah. Dalam evaluasi kurikulum tersebut terkandung nilai-nilai\r\nmultikultural: nilai demokrasi. perdamaian. toleransi. dan kebersamaan\r\nterutama dalam proses dan produk evaluasi kurikulum. Sementara itu, nilai\r\nkontlik. hegemoni, dan dominasi terdapat dalam interaksi antar santri di\r\nlingkungan pesantren sehari-hari.\r\nKeempat, model kurikulum pesantren multikultural harus\r\nmempertimbangkan tiga hal: (I) perencanaan kurikulum pesantren\r\nmultikultural ditentukan oleh proses dan produknya. Proses perencanaannya\r\nmelibatkan partisipasi banyak pihak yang ada di pesantren secara demokratis.\r\nadil, dan terbuka. Produknya berupa dokumen kurikulum yang memuat nilainilai\r\nmultikultural; (2) implementasi kurikulum pcsantren multikultural\r\nditentukan oleh buku ajar yang memuat nilai-ni lai multikultural; strategi\r\npembelajaran yang mengakti fkan para pcserta didik berpartisipasi dalarn\r\npernbelajaran secara demokratis dan menyenangkan; scrta evaluasi hasil\r\npernbelajaran yang kontekstual dan kornprehensif yang meliputi tes lisan, tes\r\ntertulis, portofolio, unjuk kerja, dan penugasan; serta (3) evaluasi kurikulurn\r\npesantren rnultikultural ditentukan oleh proses dan produknya. Proses\r\nevaluasinya melibatkan partisipa5i banyak pihak yang ada di pesantren secara\r\ndemokratis. adil, dan terbuka. Produknya berupa kcputusan tentang perlunya\r\nperbaikan terhadap aspek perencanaan dan implementasi kurikulum yang\r\nbelum memuat nilai-nilai rnultikultural.\r\n4"^^ . "2009-01-01" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 023319"^^ . "ABDULLAH"^^ . "NIM. 023319 ABDULLAH"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007 (Text)"^^ . . . "ABDULLAH – NIM. 023319 PENDIDIKAN ISLAM.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM\r\nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16734 \n\nPENDIDIKAN ISLAM \nTELAAH TERHADAP KURIKULUM PONDOK PESATREN MODERN ISLAM ASSALAM SURAKARTA TAHUN 2006/2007\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .