eprintid: 1674 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/16/74 datestamp: 2012-07-03 10:39:34 lastmod: 2017-03-15 01:51:46 status_changed: 2012-05-04 16:41:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ali Muis 0447 1185, title: PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam, wawasan lingkungan note: Pembimbing : M. Agus Nuryatno, MA., PhD abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang permasalahan lingkungan hidup, pandangan Islam terhadap lingkungan hidup, dan berupaya untuk mengkonstruksi konsep pendidikan Islam ramah lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi atau studi dokumenter, yaitu dengan cara mengumpulkan data tertulis, seperti arsip, buku-buku tentang teori, pendapat, dalil atau hukum dan lain-lain yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diangkat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-analitis. Alur analisis yang digunakan mengikuti model Mils dan Huberman (1984), yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam, seperti agama-agama yang lain ; Kristen, Hindu, dan Budha mempunyai kepedulian terhadap lingkungan hidup. Islam mengajarkan untuk bersikap ramah terhadap lingkungan agar lingkungan tidak rusak, tercemar, bahkan menjadi punah, sebab apa yang Allah berikan kepada manusia semata-mata merupakan suatu amanah yang harus dijaga dan dipelihara. Islam juga mengajarkan untuk menjaga kebersihan agar kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat dapat terjamin. Keharmonisan lingkungan hidup perlu tetap dijaga agar daya dukung alam dapat menjaga kehidupan manusia. Hal itu semua terdapat dalam kedua sumber pokoknya, yaitu Al-Qur'an dan al-Hadits / al-Sunnah. Semua anjuran dan larangan yang terdapat dalam keduanya dimaksudkan untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain dari bencana yang dapat datang kapan saja, yang itu semua disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri. Pendidikan Islam berwawasan lingkungan berupaya mengkonstruk pemikiran pendidikan Islam yang diarahkan pada peningkatan daya jawabnya terhadap problem kehidupan kontemporer, khususnya masalah lingkungan hidup dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Al-Qur'an dan al-Sunnah. Pendidikan Islam yang selama ini hanya berkutat pada dogma-dogma normatif diharapkan tidak lagi demikian, akan tetapi lebih diarahkan kepada kontribusinya dalam memecahkan persoalan-persoalan empiris-sosiologis yang terjadi dalam masyarakat kontemporer. Dalam hal ini, titik tekannya adalah kepada perbaikan pola interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya. Pendidikan Islam berwawasan lingkungan ini perlu ditransformasikan ke dalam kahidupan anak didik. Dengan harapan, out-put pendidikan Islam nantinya menjadi peka terhadap perubahan (bahkan dapat menjadi pelopor) dalam mengawal setiap perubahan itu dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran agamanya. date: 2009-01-19 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-01-19 11:00:01 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--alimuis044-1297-1-alimuis-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/26/digilib-uinsuka--alimuis044-1297-1-alimuis-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1656 ; nama file lama : ALI MUIS 04471185 PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1683013 Kb. penulis : ; Copyright 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Ali Muis 0447 1185, (2009) PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1674/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1674/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf