<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI)"^^ . "Kekalahan beruntun secara sosial, politik, ekonomi, dan\r\nbudaya yang dihadapi masyarakat Muslim dan juga terjadinya\r\nglobal warming telah menyadarkan setiap individu bahwa telah\r\nterjadi disharmoni antara Tuhan, manusia, dan alam. Setiap\r\nproblem sosial yang terjadi telah diupayakan penyelesaiannya,\r\ntetapi problem seperti kekerasan, konflik antar etnis, dan bencana\r\nalam belum juga tuntas. Berbagai pihak kcmudian melirik filsafat\r\ndan budaya profetik dan kaitannya dengan local wisdom. Ahmad\r\nTohari, budayawan desa dan produktif yang sebagian karyakaryanya\r\ntelah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa asing,\r\nmenawarkan problem solving yang tertuang dalam karya-karya\r\nsastra (fiksi).\r\nPenelitian ini menjawab pertanyaan: pertama, bagaimana\r\nkonsep filsafat dan budaya profetik dalam pendidikan?; kedua,\r\nbagaimana kontekstualisasinya dalam pendidikan?; ketiga,\r\nbagaimana nilai-nilai filsafat dan budaya profetik dalam pendidikan\r\ntersebut terkontekstualisasikan dalam karya-karya Tohari?; dan\r\nkeempat, bagaimana implikasi pendidikan profetik?.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian fil safat (pendidikan)\r\ndengan pendckatan henneneutik dan pendekatan strukturalisme\r\ngenetik dengan analisis intertekstual untuk penelitian karya sastra\r\nTohari. Dari studi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa;\r\nperta111a, filsafat profetik merupakan pemikiran reflektif-spekulatif\r\nsampai pada pembuktian empirik untuk menemukan kebenaran\r\nnormatif dan faktual-aplikatif yang memiliki daya sebagai\r\npenggerak umat sehingga terbentuk komunitas ideal (khaint\r\n11111111ah). Budaya profetik adalah pengorganisasian profetik antar\r\nindividu dan membentuknya menjadi satu kelompok dalam rangka\r\nmempertahankan eksistensi manusia di dalam lingkungan hidupnya\r\nsesuai dengan tradisi sosial profetik yang memiliki pilar\r\ntransendensi (taui}ld') humanisasi (amar ma'riil) dan liberasi (nahi\r\nmunkar); kedua, Kontekstualisasinya dalam pendidikan bahwa\r\ntujuan pendidikan bersifat sosial-kolektif, materi pembelajarannya\r\nmemuat nilai kctuhanan yang terintegrasi dengan berbagai ilmu dan\r\nresponsif terhadap budaya loka l, metode dan strategi\r\npembelajarannya menggembirakan sekaligus mendisiplinkan\r\n(basyiran wa naZlran), setiap individu dapat menjadi pendidik\r\nsekaligus peserta didik dalam waktu dan tempat yang sama,\r\nevaluasinya diukur dari kualitas tradisi profetiknya, lembaga\r\npendidikannya memadukan ilmu-ilmu sain, teknologi, sosialhumaniora,\r\ndan seni; ketiga, Konsep filsafat dan budaya profetik\r\nyang terdapat dalam karya-karya Ahmad Tohari memiliki bentuk\r\nyang khas yaitu perpaduan antara tradisi pesantren dan Jawa\r\ndengan nilai humanisasi dan liberasi yang kuat sehingga terus\r\nberusaha untuk menuju Tuhan dan kemajuan; keempat, Implikasi\r\npendidikan profetik ini adalah pendidikan yang dikelola berdasar\r\ntradisi profetik akan selalu proaktif dengan kemajuan ilmu\r\npengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS), aplikatif, apresiatif\r\nterhadap local wisdom, dan kreatif untuk membangun kehidupan\r\npeserta didik dengan semangat sosial yang baik.\r\nPendidikan profetik dikembangkan berdasarkan spirit tauhid di\r\natas, memunculkan tradisi edukatif yang integratif mencakup\r\nIPTEKS, merespon local wisdom, gemar membaca, senang\r\nberdiskusi, berkontemplasi, dan rneneliti dengan mengembangkan\r\nketersediaan perpustakaan umum."^^ . "2009-06-04" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98.3.103"^^ . "MOH. ROGIB"^^ . "NIM. 98.3.103 MOH. ROGIB"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI) (Text)"^^ . . . "MOH. ROGIB - NIM. 98.3.103 KONTEKSTUALISASI FILSAFAT.pdf"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI FILSAFAT\r\nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN\r\n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16744 \n\nKONTEKSTUALISASI FILSAFAT \nDAN BUDAY A PROFETIK DALAM PENDIDIKAN \n(STUDI KARYA-KARYA AHMAD TOHARI)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .