<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Setiap proses pendidikan merupakan fenomena empiris yang di\r\ndalamnya sarat dengan muatan nilai. Proses pendidikan merupakan\r\nsarana yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta\r\ndidik. Pada umumnya, setiap guru dan orang tua mengetahui dengan\r\nbaik pentingnya nilai-nilai moral bagi siswa atau anak, tetapi\r\nkebanyakan mereka belum mengetahui cara menanamkan dan atau\r\nmengembangkannya kepada siswa atau anak. Kesenjangan itu salah\r\nsatunya dapat diatasi dengan sistem boarding school.\r\nPennasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (i)\r\nmengapa nilai-nilai moral dijadikan prinsip dasar pendidikan di SMP\r\nIslam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta, (ii) nilai-nilai apa saja yang\r\nditanamkan dan dikembangkan di sekolah tersebut dan bagaimana\r\npelaksanaannya, dan (iii) bagaimana kesesuaian sistem barding school\r\nuntuk pendidikan nilai?\r\nPenelitian ini dilakukan dan dirancang sesuai dengan prinsipprinsip\r\nfield research dengan menggunakan pendekatan naturalistik.\r\nOleh karena itu, dalam penelitian ini objek penelitian ditempatkan\r\ndalam suatu konstruk ganda dan dilihat dalam konteks natural secara\r\nholistik. Dalam penelitian ini, narasumber ditentukan secara snowball\r\ndan purposive. Untuk pemahaman makna digunakan cara kerja/ol/ow\r\nyour nose. Data dikumpulkan dengan teknik indepth interview,\r\nobservasi, dialog, dan dokumentasi. Berbagai teknik itu digunakan agar\r\ndapat dilakukan check dan recheck data, sehingga diperoleh data yang\r\nreliabel. Di sarnping itu, perpanjangan waktu pengumpulan data\r\ndilakukan untuk mendapatkan infonnasi yang lebih meyakinkan,\r\nterutama terhadap sejumlah data yang masih meragukan. Ketekunan\r\nobservasi, pemerik.saan sejawat melalui diskusi, dan member check\r\njuga ditempuh sebagai langkah trianggulasi. Data yang diperoleh\r\nmelalui berbagai teknik pengumpulan data itu kemudian diikuti tahapan\r\ndeskripsi, reduksi, dan seleksi. Analisis data dilakukan dengan\r\nmenggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut.\r\nPertama, SMP Islam Terpadu Abu Bakar menempatkan nilai sebagai\r\nprinsip dasar pendidikan karena sekolah mengutamakan pembinaan\r\nkarakter (akhlak) para siswa, memprioritaskan prestasi akademik, dan\r\nmengembangkan keterampilan siswa sesuai minat dan bakat. Prinsip\r\ndasar pendidikan itu tersurat pada visi, misi, dan tujuan yang diembannya.\r\nKedua, nilai-nilai moral yang ditanamkan dan dikembangkan\r\ndalam diri siswa di sekolah itu ialah nilai yang terkandung di dalam\r\nbuku panduan yang secara teoretis terdapat 67 nilai moral yang\r\ndiintegrasikan ke dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan\r\nekstrakurikuler di sekolah, asrama, dan lingkungan. Secara praktis ada\r\n40 nilai moral yang dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari di\r\nsekolah. Ketiga, pola pendidikan nilai yang dilakukan di sekolah sesuai\r\ndengan konsep dasar pendidikan nilai yang dikonstruksikan di dalam\r\nkajian ini. Konsep dasar pendidikan nilai meliputi: tujuan pendidikan\r\nnilai, landasan, pendekatan, strategi dan cara siswa memperoleh nilai\r\ndan kesadaran nilai. Pola pendidikan nilai yang dikembangkan di\r\nsekolah meliputi enam komponen: (i) panduan pendidikan nilai moral,\r\n(ii) kurikulum pendidikan nilai secara integratif (iii) materi spesifik\r\npendidikan nilai, (iv) prinsip-prinsip pendidikan nilai moral, (v)\r\nlatihan-latihan pengamalan nilai moral dan pembentukan akhlA.k, dan\r\n(vi) transformasi batin. Keempat, irnplementasi teoretis dan praktis\r\npendidikan nilai, sebagai temuan penelitian, meliputi hal-hal sebagai\r\nberikut: (J) secara teoretis komponen panduan pendidikan dan analisis\r\nnilai moral mencakup landasan dan tujuan pendidikan nilai, sedangkan\r\nsecara praktis nilai-nilai moral yang ditanamkan dan dikembangkan\r\nkepada siswa didasarkan pada nilai-nilai moral yang terkandung di\r\ndalam buku panduan dan disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan\r\nserta landasan pendidikan nilai, (2) secara teoretis komponen prinsipprinsip\r\netika pendidikan nilai mencakup pendekatan pendidikan nilai,\r\nsedangkan secara praktis pendidikan nilai dilaksanakan melalui\r\nketeladanan, pembimbingan, pemberian bantuan, pengembangan, dan\r\npembuatan keputusan moral, (3) secara teoretis komponen latihanlatihan\r\npengamalan nilai dan pembentukan akhlak serta transformasi\r\nbatin mencakup dinami.ka identifikasi dan intemalisasi pendidikan\r\nnilai, sedangkan secara praktis pendidikan nilai diwujudkan dalam\r\naktivitas riil seperti ~alat berjamaah, doa, iikir ma 'swat bersama, apel\r\nmalam (mufwsabah), malam bina iman dan takwa, dan • (4) secara\r\nteoretis komponen kurikulum dan materi mencakup strategi, metode,\r\ndan teknik: serta cara memperoleh nilai, sedangkan secara praktis\r\npendidikan nilai dapat dipilih dan diprogramkan sesuai dengan out put\r\ndan out come yang diharapkan dan diidealkan lembaga pendidikan\r\ntersebut. Kelima, penyelenggaraan pendidikan dengan sistem boarding\r\nschool sesuai untuk melaksanakan pendidikan nilai dalarn hal sebagai\r\nberikut: (i) kelembagaan boarding school sebagai institusi pendidikan 1\r\nnilai, (ii) tradisi dan sejarah lahirnya boarding school banyak dijadikan\r\npandUan pendidikan karakter di sekolah-sekolah dan banyak memberi- •\r\nkan pengaruh positif kepada para siswa. (iii) pada umumnya\r\nmasyarakat memahami sistem boarding school sebagai pendidikan\r\nkemandirian, (iv) pendidikan sistem boarding school berusaha mengbindari\r\ndikotomi ilmu pengetahuan dan menghindarkan peserta didik\r\ndari terjadinya kepribadian yang terbelah (split personality), dan (v)\r\npelayanan pendidikan dan bimbingan yang diberikan kepada para siswa\r\nsecara urnum lebib baik dan penuh muatan nilai-nilai moral.\r\nSecat\"a teoretis basil penelitian ini memiliki kontribusi terhadap\r\nmunculnya teori atau konsep baru yang dapat memperkaya khaz.anah\r\nteori dalam pendidikan Islam, terutama dalam mengembangkan\r\nbangunan pemikiran metodologi pendidikan Islam di Indonesia,\r\nkhususnya dalam pendidikan nilai moral sebagai basis budaya, bangsa\r\nIndonesia. Secara praktis basil penelitian ini dapat dijadikan sebagai\r\nsalah satu referensi altematif atau solusi pennasalahan sistem pendidikarl\r\nsaat ini dan juga sebagai tawaran secara metodologis pendidikan\r\nnilai dengan sistem boarding school.\r\nKeywords: sistem boarding school, pendidikan nilai"^^ . "2009-01-01" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM 04.3.447"^^ . "MAKSUDIN"^^ . "NIM 04.3.447 MAKSUDIN"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "MAKSUDIN - NIM 04.3.447 PENDIDIKAN NILAI.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL\r\nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16757 \n\nPENDIDIKAN NILAI SISTEM BOARDING SCHOOL \nDI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .