<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID)"^^ . "Penafsiran al-Qur'an oleh feminis muslim muncul dalam upaya\r\nmereka mengapresiasi nilai-nilai kesetaraan gender yang dikonstruksi alQur'\r\nan dan menubuhkannya dalam konteks kekinian. Bagi feminis\r\nmuslim, al-Qur'an sejak dini sesungguhnya sudah mengapresiasi\r\nkesetaraan laki-laki dan perempuan, namun pembacaan (penafsiran)\r\nsecara literal yang dikembangkan oleh para mufassir konservatif dinilai\r\noleh para feminis muslim alih-alih memperkuat gagasan kesetaraan\r\ngender, justru sebaliknya meneguhkan pemahaman yang dianggap\r\nccnderung bervisi patriarkhi. Dengan \"mengawinkan\" kajian al-Qur'an\r\ndan feminisme yang kemudian muncul dalam bentuk hermeneutika\r\nfeminis, pembacaan al-Qur'an yang dilakukan oleh para feminis muslim\r\nini dalam banyak hal memang berbeda secara diametral dengan\r\npembacaan para mufassir konservatif. Amina Wadud dan Nasr hamid\r\nAbu Zaid yang melakukan pembacaan ala feminis atas al-Qur'an ini\r\nsecara jelas memperlihatkan perbedaan tersebut. Disertasi ini berrujuan\r\nuntuk mengungkap gagasan kedua feminis muslim ini dalam upaya\r\nmereka memahami al-Qur'an, tentunya berkenaan dengan ayat-ayat yang\r\nberkaitan dengan persoalan gender.\r\nFokus disertasi ini adalah mengurai gagasan Amina Wadud dan\r\nNa~r Hamid Abu Zaid terkait dengan Pertama, hakikat penafsiran alQur'an.\r\nKedua, prinsip-prinsip dan metode penafsiran yang mereka\r\nbangun dalam upaya mereka memahami ayat-ayat al-Qur'an berkenaan\r\ndengan isu-isu gender. Ketiga, implikasi dari pemikiran kedua ya dalam ~\r\nstudi al-Qur'an. \r\nDalam upaya menguraikan gagasan kedua feminis muslim ini,\r\npenyusun menggunakan pendekatan filosofis henneneutis untuk\r\nmengungkap asumsi-asumsi filosofis keduanya mengenai penafsiran\r\nfeminis. Dalam kaitan ini, penyusun berpijak pada kerangka teori\r\nhermeneutika yang dikemukakan oleh Paul Ricoeur yang memandang\r\npenafsiran terhadap teks melalui dua langkah. yaitu explanatiory\r\ndan understanding_ (pemahaman). Menurut Ricoeur,\r\npembacaan terhadap sebuah teks berarti melakukan kontekstualisasi\r\ndengan membuka diri terhadap makna teks yang terhampar luas di\r\nhadapannya. Konlekstualisasi ini bisa dilakukan melalui kedua langkah\r\nterse but.\r\nDalam disertasi ini terlihat bahwa Amina Wadud dan Nasr Hamid\r\nAbu Zaid memahami tafsir bukan sebagai lindakan menjelaskaniek~-tetfs ?\r\nal-Qur'an secara aktual sebagaimana yang lazim dalam penafsiran\r\ntradisional. Keduanya ~f\\lahami penafsiran sebagai UJl!lya mengaitkan\r\nteks al-Qur'an dengan 'P'foblema realitas kontemporW dalam rangka\r\nmenemukan solusi yang qur'ani atas pelbagai problem tersebut. Oleh\r\nkarena itu, kegiatan penafsiran bagi kedua feminis m1 lebih\r\nmencenninkan prinsip-prinsip hermeneutis dalam memahami ayat-ayat\r\nal-Qur'an.\r\nUntuk membangun pemahaman al-Qur'an yang berkeadilan\r\n~nder, Amina Wadud dan Na ~r Hamid Abu Zaid sepakat dengan prinsip\r\n1' l./\"\"depatriarkhalisasi (membuang pernahaman yang bersifat patriarkhis dan\r\ni. . v7membangun i)enafsiran yang adil), prinsip semangat pembebasan\r\n7 ~ . perempuan oleh al-Qur'an dan prinsip hierarkhisasi teks-teks al-Qur'an\r\nyang berkaitan dcngan persoalan gender. Namun, prinsip yang\r\nmeniscayakan pcnafsiran al-Qur'an dengan mengedepankan pengalaman\r\npercmpuan, perspektif perempuan dan perempuan sebagai mufassir yang\r\n9ipegang oleh Amina Wa • ak disetujui oleh Abu Zaid.,\r\nLebi 1tu, keduanya sepakat bahwa untuk memperoleh\r\n1 pen • n yang kontekstual, sescorang harus mempertimbangkan\r\nangkah penjelasan sekaliius pcmahaman. Penjelasan digunakan untuk\r\nmemperoleh makna obyektif dari teks yang akan ditafsirkan. Sementara\r\npemahaman digunakan untuk mengailkan leks dengan konteksnya,\r\nmenemukan ideal-moralnya dan. akhirnya menarik signitikansinya dan\r\nmenghubungkannya dalarn konteks kekinian sehingga melahirkan tafsir\r\nkontekstual yang bervisi keadilan gender. Pemikiran Amina Wadud dan\r\nNa~r Jiamid Abu Zaid mengenai ~ir feminis dalam batas tertentu\r\nmemang relevan dengan gagasan penegakan hak asasi manusia dan tentu\r\nsaja sejalan dengan kritik wacamr tcrhadap ideoloii patriarl<.hi yang\r\ndigagas oleh para ferninis muslim. Namun demikian, sebagai gagasan\r\nbaru dala Siran al-Q r'an, penafsiran oleh para feminis muslim ini\r\ntetap te uka untuk dikritik."^^ . "2009-01-01" . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 01.300.005"^^ . "AHMAD BAIDOWI"^^ . "NIM: 01.300.005 AHMAD BAIDOWI"^^ . . . . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID) (Text)"^^ . . . "AHMAD BAIDOWI - NIM 01.300.005 TAFSIR FEMINIS.pdf"^^ . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TAFSIR FEMINIS\r\n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #16776 \n\nTAFSIR FEMINIS \n(STUDI PEMIKIRAN AMINA WADUD DAN NASR HAMID ABU ZAID)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .