@phdthesis{digilib16806, month = {June}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB AT-TARG{\=I}B WAT-TARH{\=I}B TERHADAP PENGUASAAN MUFRAD{\=A}T BAHASA ARAB SANTRI KELAS II MADRASAH DDINIYAH AWALIYAH DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ?ULUM KALIANGKRIK MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM 11420098 SONI AGUS SETIAWAN}, year = {2015}, note = {Drs.H. Adzfar Ammar ,M.A}, keywords = {Kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16806/}, abstract = {Soni Agus Setiawan, Pengaruh Pembelajaran Kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b Terhadap Penguasaan Kosakata (Mufrod{\=a}t) Bahasa Arab santri kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah di Pondok Pesantren Roudlotul ?Ulum Kaliangkrik Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai hasil evaluasi pembelajaran kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b, nilai hasil evaluasi penguasaan kosakata (Mufrod{\=a}t) bahasa Arab dan pengaruh pembelajaran kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b terhadap penguasaan kosakata (Mufrod{\=a}t) bahasa Arab santri kelas II Madrasah Diniyah Awaliyah di Pondok Pesantren Roudlotul ?Ulum Kaliangkrik Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Roudlotul ?Ulum Kaliangkrik, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif yaitu menafsirkan data-data yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pembelajaran kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 73,2368. Sedangkan nilai rata-rata tes tingkat penguasaan Mufrod{\=a}t bahasa arab termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 73,1316. Dari penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh pembelajaran At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b terhadap penguasaan Mufrod{\=a}t bahasa arab yang signifikan, yaitu sebesar 65,186 , nilai korelasi sebesar 0,803 dan nilai signifikan sebesar 0,000 . hal ini menunjukkan pengaruh yang kuat. Sehingga tinggi rendahnya nilai kitab At-Targ{\=i}b wat-Tarh{\=i}b akan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya penguasaan Mufrod{\=a}t bahasa arab santri kelas II Madrasah diniyah Awaliyah di Pondok pesantren Roudlotul ?Ulum Kaliangkrik, Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015} }