TY - THES N1 - Drs. Misbah Ulmunir, M.Si, ID - digilib16882 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16882/ A1 - SYAIFUL ?AZIS, NIM. 10470011 Y1 - 2015/06/17/ N2 - Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi peserta didik di SMP Negeri 3 Tempel. Penelitian ini untuk mengungkap fenomena peningkatan prestasi Ujian nasional di SMP Negeri 3 Tempel tiga tahun terakhir yakni pada tahun ajaran 2011/2012, 2012/2013 dan 2013/2014, peningkatan prestasi yang terjadi di SMP Negeri 3 Tempel terjadi setelah pergantian kepala sekolah yang sebelumnya Widodo S.Pd. kemudian digantikan oleh Lilik Mardiningsih M.Pd. berangkat dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap konsep kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 3 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk diskriptif analitik yang bertempat di SMP Negeri 3 Tempel, dengan pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, yakni orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang situasi sosial yang akan diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menguji keabsahan dari berbagai sumber di atas peneliti menggunakan tekni trianggulasi. Sedangkan tahapan analisis data menggunakan teori Mils dan Huberman yang meliputi reduksi data, menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki dampak terhadap seluruh komponen sekolah baik kinerja guru dan karyawan maupun peningkatan prestasi siswa dengan berbagai program-program unggulan yang disusun oleh kepala sekolah. Fenomena tersebut merupakan bentuk dari implementasi dari konsep EMASLIM yang diterampan oleh kepala sekolah di mana kepala sekolah bertugas sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Hal ini juga diwujudkan dengan berbagai program kegiatan yang mendukung terhadap peningkatan prestasi peserta didik, program tersebut adalah Tes kompetensi mingguan, Tes pendalaman materi, Pendampingan kelompok belajar oleh bapak/ibu guru asuh dan Tutor sebaya, program tersebut menjadi program unggulan yang terus dilakukan evaluasi dan tindakan lanjut sehingga memperoleh hasil yang maksimal yakni peningkatan prestasi Ujian Nasional pada tahun ajaran 2011-2014. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konsep KW - Kepemimpinan kepala sekolah KW - Prestasi dan Peserta Didik M1 - skripsi TI - KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TEMPEL AV - restricted EP - 83 ER -