@phdthesis{digilib16887, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN MODUL FIQIH SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10470031 APRISA DWI FITRIANA}, year = {2015}, note = {Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag}, keywords = {Bahan Ajar, Modul Fiqih, Penelitian, Pengembangan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16887/}, abstract = {Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan Modul Fiqih untuk Siswa Kelas XI MAN, mengetahui kualitas Modul Fiqih berdasarkan penilaian 2 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, dan 1 guru fiqih MAN, serta mengetahui respon siswa terhadap Modul Fiqih yang telah dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan modul meliputi tahap analisis, perencanaan, pengembangan, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan pada kriteria isi/materi, penyajian, dan bahasa/keterbacaan. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini desain analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa Modul Fiqih untuk Siswa Kelas XI MAN. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 2 ahli materi dan 3 peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 83,3 \% dan 88\%, sedangkan menurut ahli media adalah Baik (B) dengan persentase keidealan 72,7\%. Kualitas modul menurut penilaian 3 orang guru adalah Baik (B) dengan persentase keidealan sebesar 66\% dan hasil respon siswa terhadap bahan ajar tersebut adalah 71,6\% dengan skor yang diperoleh 645 dari skor maksimal ideal 900 dan memiliki kategori Baik (B). Berdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut maka bahan ajar ini layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar fiqih.} }