%A NIM. 11470016 MUHIMMATUL FARIHAH %O Drs. Misbah Ulmunir, M.Si, %T PERAN PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan pengaruh terhadap minat baca siswa tunanetra. Siswasiswa di MTs Yaktunis lebih senang browsing dalam memperoleh informasi. Disamping itu siswa lebih senang mendengarkan dari pada membaca buku braille. Oleh karena itu, pustakawan menyediakan fasilitas perpustakaan sesuai dengan kondisi siswa-siswa tunanetra, dapat meningkatkan minat baca siswa tunanetra, koleksi yang mendukung, sarana dan prasana perpustakan Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantara teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan mantrancibe data kemudian merereduksi data, menyusun dalam satuan dan mengkategorisasikan kemudian mengaitkan dengan teori serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa tunanetra yaitu pustakawan menyediakan sumber belajar dan referensi bagi siswa tunanetra, menyediakan tempat untuk membiasakan membaca buku braille, menydiakan tempat belajar yang nyaman bagi siswa tunanetra, sebagai sumber informasi bagi siswa tunanetra, untuk menjalin interaksi dan komunikasi aktif. Adapun strategi yang dilakukan pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa tuanentra yaitu sarana dan prasarana yang mendukung, bekerjasama dengan perpustakaan daerah, memberikan koleksi yang baru dan menarik, adanya program PPMB (Program Peningkatan Minat Baca Braille), dan kerjasama pustakawan dengan guru. %K Peran Pustakawan dan Minat Baca %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib16914