eprintid: 1699 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/16/99 lastmod: 2012-05-04 16:41:26 status_changed: 2012-05-04 16:41:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RURID NUR VARIDA - NIM. 03141647 , title: KONDISI MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI TAJEM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Siswa, minat baca, penggerak, (pemengang kebijakan) sekolah. note: PEMBIMBING: MARWIYAH, S.AG, SS, M.LIS abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui bagaimana kondisi minat baca siswa di SD Negeri Tajem Depok Sleman Yogyakarta, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat minat baca siswa di SD Negeri Tajem Depok Sleman Yogyakarta, mengetahui usaha para penggerak sekolah (kepala sekolah, guru, dan pegawai perpustakaan) dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Tajem Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, dengan objek penelitian minat baca siswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kondisi minat baca siswa di SD Negeri Tajem Depok Sleman Yogyakarta sudah baik. Minat baca siswa di SD Negeri Tajem Depok Sleman Yogyakarta dipengaruhi faktor internal yaitu usia, jenis kelamin, intelegensi, ketrampilan membaca, kemampuan bahasa dan konsep diri pembaca bahwa ia merasa perlu membaca, yakni untuk memperoleh informasi baru, sedangkan faktor eksternal meliputi ketersediaan buku bacaan, faktor lingkungan (suasana tenang/tidak gaduh, nyaman) dan faktor sosial (guru, teman, orang tua dan ekonomi keluarga). Kemudian faktor penghambat minat baca siswa adalah faktor fasilitas, dan faktor biaya. Usaha penggerak sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa adalah dengan memberikan program wajib membaca, memperhatikan dan memotivasi kegiatan membaca siswa, guru dapat mengelola kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam program pengajaran membaca, guru menugaskan siswa membuat sinopsis, membentuk kelompok membaca di kelas, dan memberikan pengenalan tentang perpustakaan dan memberikan pengertian pada siswa akan pentingnya membaca. Mengingat pentingnya minat baca siswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, maka diharapkan pihak sekolah lebih meningkatkan fasilitas dalam menunjang minat baca siswa date: 2009-01-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Adab/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-01-28 13:45:46 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ruridnurva-1325-1-ruridnu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/27/digilib-uinsuka--ruridnurva-1325-1-ruridnu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1686 ; nama file lama : RURID NUR VARIDA 03141647 KONDISI MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI TAJEM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2732462 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-01-28 13:45:46 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ruridnurva-1325-1-ruridnu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/27/digilib-uinsuka--ruridnurva-1325-1-ruridnu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1686 ; nama file lama : RURID NUR VARIDA 03141647 KONDISI MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI TAJEM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2732462 Kb. penulis : ; Copyright 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RURID NUR VARIDA - NIM. 03141647 , (2009) KONDISI MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI TAJEM DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.