<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH"^^ . "BPSK merupakan lembaga khusus yang dibentuk dan diatur dalam Undang-undang\r\nNomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang tugas utamanya adalah\r\nmenyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Dalam penyelesaian sengketa\r\nBPSK berpedoman pada Azas keseimbangan agar hasil penyelesaian sengketa tidak\r\nmerugikan salah satu pihak. Mengingat bank merupakan pelaku usaha yang menyediakan\r\njasa berupa kredit serta nasabah yang dalam hal ini sebagai konsumen, maka terdapat\r\nhubungan antara bank dan nasabah berupa hubungan hukum pelaku usaha dan konsumen.\r\nAtas dasar itu penyelesaian sengketa kredit melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen\r\n(BPSK) perlu dikaji lebih lanjut mengenai Peran BPSK Kota Yogyakarta dalam Azas\r\nkeseimbangan di dalam penyelesaian sengketa dan permasalahan yang berpotensi muncul\r\nsetelah terjadinya perjanjian kesepakatan damai anatara pelaku usaha/bank dengan\r\nkonsumen/nasabah.\r\nPenelitian ini bersifat deskriptif analitis, yakni data yang diperoleh dari lapangan akan\r\ndiolah yang menghasilkan analisis data berupa pemaparan mengenai peran BPSK Kota\r\nYogyakarta dalam pelaksanaan azas keseimbangan di dalam penyelesaian sengketa kredit\r\nmelalu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang disajikan dalam bentuk uraian\r\nnaratif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dilakukan\r\nlangsung di lapangan (Kantor BPSK), hal ini dimaksudkan agar peneliti dapat memperoleh\r\ninformasi dan data sedekat mungkin dengan dunia nyata, sehingga dapat memformulasikan\r\natau memanfaatkan hasil dengan sebaik mungkin dan memperoleh data atau informasi yang\r\nselalu terkini.\r\nPelaksanaan Azas keseimbangan di dalam penyelesaian sengketa kredit bermasalah\r\nmemberikan peran kepada BPSK Kota Yogyakarta selain melindungi konsumen dengan\r\nmemberikan bantuan hukum penyelesaian sengketa kepada konsumen. Peran lain tersebu\r\nberupa perlindungan terhadap pelaku usaha/bank dari itikad tidak baik konsumen/nasabah\r\nyang mengadukan sengketa kredit bermasalah kepada BPSK. Selain itu BPSK Kota\r\nYogyakarta juga memberikan perlindungan terhadap kepentingan pelaku usaha/bank yang\r\nterdapat di dalam kredit bermasalah tersebut. Peran BPSK Kota Yogyakarta dilaksanakan\r\ndengan memberikan hak-hak kepada pelaku usaha/bank yang diatur dalam UU No. 8 Tahun\r\n1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun ada beberapa permasalahan yang muncul di\r\ndalam perjanjian kesepakatan damai penyelesaian sengketa, permasalahan tersebut muncul\r\nmelalui 3 (tiga) hal. Pertama, permasalahan yang disebabkan oleh wewenang BPSK. Kedua,\r\npermaslahan yang muncul karena dalam klausul perjanjian kesepakatan damai terdapat\r\nkalimat atau kata yang tidak tegas dan kurang tepat/ambigu dan perjanjian kesepakatan damai\r\ntidak dicantumkan klausul mengenai hak esekusi jaminan kredit apabila konsumen/nasabah\r\nmelakukan wanprestasi/ingkar janji. Yang ketiga putusan damai Majelis Sidang BPSK Kota\r\nYogyakarta tidak didaftarkan di Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta, padahal sesuai dengan\r\naturan UU No. 30 Tahun 1999 ayat (7) dan (8) seharusnya, perjanjian damai penyelesaian\r\nsengketa didaftakan di Pengadilan Negeri."^^ . "2015-06-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11340160"^^ . "NORMAN WICAKSONO"^^ . "NIM. 11340160 NORMAN WICAKSONO"^^ . . . . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Text)"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Text)"^^ . . . "11340160_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . . "PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA\r\nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17012 \n\nPERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) KOTA \nYOGYAKARTA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT BERMASALAH\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Hukum" . .