eprintid: 17020 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/70/20 datestamp: 2015-08-20 08:34:18 lastmod: 2015-08-20 08:34:18 status_changed: 2015-08-20 08:34:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IMAM AHMADI, NIM. 11470066 title: IMPLEMENTASI PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi full_text_status: restricted keywords: Pemisahan Kelas, Peserta didik, Motivasi Belajar note: Rinduan Zain, S.Ag., MA. abstract: Imam Ahmadi. Implementasi Pemisahan Kelas Peserta Didik Lakilaki dan Perempuan dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.2015. Dilatarbelakangi adanya lembaga pendidikan islam, dalam hal ini SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada, yang menerapkan pemisahan kelas bagi peserta didik laki-laki dan perempuan dalam rangka memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan tentang gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas terpisah, (2) menjelaskan interaksi peserta didik di kelas terpisah dan (3) menjelaskan implikasi motivasi belajar peserta didik setelah diimplementasikannya pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam (indepth interview), obeservasi dan dokumentasi. Adapun olah dan analisa data dimulai dari transcribing, labelling, grouping, comparing dan contrasting serta interpreting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pemisahan kelas peserta didik laki-laki dan perempuan ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan pemisahan kelas peserta didik mampu menjaga interaksi dengan lawan jenisnya sehingga mereka lebih fokus pada pembelajaran. Bentuk motivasi belajar dalam kelas terpisah antara lain:(1) Dukungan dari teman sejenis,-- peserta didik belajar di kelas yang hanya terdapat teman sejenis, mereka saling memotivasi dalam belajar,( 2) Percaya diri,-- tidak hadirnya lawan jenis dalam satu kelas ternyata dapat membangkitkan kepercayaan diri pada peserta didik, karena mereka tidak merasa malu dalam aktivitas di kelasnya, (3)Antusiasme,-- pembelajaran di kelas terpisah dapat menimbulkan semangat peserta didik dalam belajar di kelas, (4) Persaingan,-- belajar di kelas terpisah ternyata memberikan keinginan peserta didik untuk bersaing dengan lawan jenis. date: 2015-06-29 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IMAM AHMADI, NIM. 11470066 (2015) IMPLEMENTASI PEMISAHAN KELAS PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17020/1/11470066_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17020/2/11470066_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf