relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17021/ title: KONSEP IMAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-BAQARAH AYAT 177 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM creator: SAPRIALMAN, NIM. 11470068 subject: Kependidikan Islam description: SAPRIALMAN. NIM. 11470068. Konsep Iman dalam al-Qur’an Surah al- Baqarah Ayat 177 dalam Tafsir al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman sebagian kaum muslimin yang tidak menyeluruh mengenai keimanan. Sebagian orang mengira bahwa jika telah menjalankan shalat lima waktu dan ibadah mahd}ah lainnya, mereka cenderung mengatakan bahwa diri mereka telah beriman. Bahkan ada juga yang menganggap diri mereka baik, selalu benar perbuatannya dan menganggap diri mereka suci. Hal tersebut merupakan pemahaman dan pandangan yang keliru tentang keimanan. Surah al- Baqarah ayat 177 merupakan ayat yang lebih mewakili di antara ayat-ayat lainnya yang membahas mengenai keimanan, oleh sebab itu, menjadi menarik bagi penulis untuk mencari tafsirannya. Penelitian ini mengangkat tafsir al-Mishbah untuk menggali lebih dalam tentang konsep iman dan relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Guna mengetahui konsep iman yang terkandung dalam surah al-Baqarah ayat 177 dalam tafsir al-Mishbah. 2) Untuk mengetahui relevansi konsep iman yang terkandung dalam surah al-Baqarah ayat 177 terhadap tujuan Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research), dengan pendekatan filosofis. Sedangkan, tehnik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah content analysis atau kajian isi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep iman berdasarkan analisis penulis pada surah al-Baqarah ayat 177 dalam tafsir al-Mishbah karya M. Quraish Shihab adalah bahwasanya iman yang sebenar-benarnya iman adalah yang sesuai antara sikap, ucapan dan perbuatan. 2) Relevansi konsep iman dalam surah al-Baqarah ayat 177 terhadap tujuan pendidikan Islam terdapat dalam tiga hal utama, yaitu dalam hal pemberdayaan akal, hati dan perbuatan. Seseorang dikatakan telah memiliki iman yang benar jika ia mampu menyesuaikan antara sikap, ucapan dan perbuatannya. Selanjutnya, insan kamil merupakan tujuan tertinggi dari tujuan pendidikan Islam. Manusia disebut sebagai insan kamil jika ia mampu menyeimbangkan antara aspek jasmani, akal dan akhlaknya. date: 2015-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17021/1/11470068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17021/2/11470068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf identifier: SAPRIALMAN, NIM. 11470068 (2015) KONSEP IMAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-BAQARAH AYAT 177 DALAM TAFSIR AL-MISHBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.