eprintid: 17023 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/70/23 datestamp: 2015-08-20 08:55:16 lastmod: 2015-08-20 08:55:16 status_changed: 2015-08-20 08:55:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: UMI MUSLIMAH, NIM. 11470076 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN HURUF BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKERTUNIS YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, siswa penyandang tunanetra, pembelajaran membaca Al-Qur’an Braille note: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si. abstract: UMI MUSLIMAH, Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an dengan Menggunakan Huruf Braille bagi Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Al- Qur‟an Braille, faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran, serta tingkat efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan huruf Braille bagi siswa penyandang tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan humanistik. Metode pengumpulan data yang dilakukan anatara lain dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Simpulan. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi data. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan huruf Braille bagi siswa tunanetra di MTs YaketunisYogyakarta dapat dilihat dari dua segi yaitu dari segi proses dan segi hasil. Melalui prosespembelajaran dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti maka rataratasiswa yang dapat membaca Al-Qur‟an sesuai dengan tajwid membutuhkan waktu kurang lebih 3,3 tahun, sedangkan dari segi hasil evaluasi siswa tunanetra mempunyairata-rata nilai 81,6 dengan tolok ukur sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur‟an dalam bentuk Braille di MTs Yaketunis Yogyakarta dapat dikatakan sudah efektif, dan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. date: 2015-05-21 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: UMI MUSLIMAH, NIM. 11470076 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN HURUF BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKERTUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17023/1/11470076_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17023/2/11470076_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf