<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di SMP\r\nPGRI Kasihan memiliki perkembangan kepribadian dan tingkah laku yang unik.\r\nSiswa ini pastinya juga memiliki masalah-masalah individual. Berbagai\r\nkarakteristik anak berkebutuhan khusus membutuhkan penanganan ekstra dari\r\nguru bimbingan konseling dalam pengembangan kecerdasan emosional dan\r\nspiritual. Dengan demikian, peran guru bimbingan konseling di SMP PGRI\r\nKasihan sangat diperlukan guna membantu siswa berkebutuhan khusus agar dapat\r\nberkembang secara optimal khususnya secara emosional dan spiritual.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil\r\nlatar SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, teknik\r\nyang digunakan yaitu dengan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk\r\nkeabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis secara\r\ndeskriptif sehingga dapat ditarik kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan: 1) Kondisi kecerdasan emosional dan\r\nspiritual siswa berkebutuhan khusus memiliki sisi negatif dan positif yaitu:\r\nEmosional; kurang dapat memanfaatkan emosi secara produktif, belum mampu\r\nmengelola emosi, kurang percaya diri dan tidak berani menunjukkan potensi yang\r\ndimiliki, namun mampu membina hubungan sosial dengan baik serta memiliki\r\nsikap empati. Spiritual; belum mampu menjalankan ibadah, belum mampu\r\nmembaca Al-Qur’an, kurangnya akhlak dan perilaku yang baik, namun mampu\r\nberbuat baik kepada kedua orang tua (Birrul Walidain). 2) Kontribusi guru\r\nbimbingan konseling adalah dengan melakukan berbagai upaya agar siswa dapat\r\nmengikuti arahan yang ada di sekolah maupun dirumah. Sedangkan perannya\r\nsebagai: komunikator, pendamping, motivator dan penasehat, pembimbing dan\r\nkonselor, serta pembangun kerjasama dengan semua pihak. 3) Faktor penghambat\r\npelaksanaan bimbingan konseling meliputi: perbedaan latar belakang keluarga\r\nsiswa, perbedaan karakteristik individu siswa, dan keterbatasan waktu bimbingan.\r\nSedangkan faktor-faktor pendukungnya meliputi: semangat kerja guru bimbingan\r\nkonseling dalam memberikan perhatian, motivasi, bimbingan, dan pendampingan\r\nsecara kontinyu, adanya partisipasi dari semua pihak sekolah dan wali murid,\r\nserta adanya kemauan siswa untuk berkembang ke arah positif."^^ . "2015-06-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11470104"^^ . "ADITA PRAMANASARI"^^ . "NIM. 11470104 ADITA PRAMANASARI"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA\r\nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL\r\nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS\r\nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17046 \n\nPERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA \nKECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL \nSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS \nDI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .