TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Zainuddin, M. Ag, ID - digilib1707 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1707/ A1 - ANDREST ANSYORY NIM. 03230036, Y1 - 2009/03/02/ N2 - USP Putera Sampoerna Foundation hanya diterapkan pada pendidikan taraf SMA. Salah-satu SMA yang oleh Putera Sampoerna Foundation diterapkan USP yaitu SMAN 1 Pundong, Bantul, Yogyakarta. Dari hasil observasi awal, penulis mengetahui gambaran dari USP diantaranya yaitu, Putera Sampoerna Foundation menyediakan berbagai pelatihan terhadap sekolah-sekolah yang menjadi mitra dalam USP ini, seperti pelatihan untuk kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan lain sebagainya. Hal tersebut juga menjadi alasan ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian mengenai program ini agar diketahui materi ataupun metode seperti apa yang diterapkan dalam USP ini. Karena mengingat bahwa proses peningkatan mutu pendidikan pada sekolah dibutuhkan kesinergian antara satu sama lain yang berkaitan dengan pendidikan. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut diatas, maka masalah yang dapat penulis rumuskan adalah Bagaimana implementasi United Schools Program Sampoerna Foundation di SMAN 1 Pundong, Bantul, Yogyakarta? Apakah faktor yang mendukung dan menghambat implementasi United Schools Program Sampoerna Foundation di SMAN 1 Pundong, Bantul, Yogyakarta? Dalam penelitian ini, jenis penelitian termasuk pada penelitian lapangan (Field Study Research) yang bermaksud mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif-analisis, menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga dapat lebih mudah difahami dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi United Schools Program (USP) Putera Sampoerna Foundation merupakan program peningkatan kualitas pendidikan berupa pelatihan-pelatihan. USP sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri Satu (SMAN1) Pundong, dengan adanya USP maka SMAN 1 Pundong mengetahui dan memahami bagaimana proses belajar-mengajar yang lebih baik dan tepat. Selain dapat membenahi dan mengembangkan cara belajar mengajar di kelas, sistem administrasi dan manajemen sekolah juga menjadi lebih baik. Adapun faktor yang mendukung dapat terealisasinya USP adalah semangat komponen sekolah SMAN 1 Pundong yaitu Kepala Sekolah, para Wakil Kepala Sekolah, Guru, Murid, Staff, dan Karyawan untuk melakukan perubahan dan keinginan yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah SMAN 1 Pundong. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - UPS KW - Pendidikan M1 - skripsi TI - UNITED SCHOOLS PROGRAM PUTERA SAMPOERNA FOUNDATION DI SMAN 1 PUNDONG BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted ER -