<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE HALAQAH DI ORGANISASI\r\nMASYARAKAT WAHDAH ISLAMIYAH KOTA YOGYAKARTA"^^ . "Latar belakang yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini adalah pentingnya\r\npendidikan karakter yang optimal, guna mengurangi krisis moral yang terjadi pada era\r\nglobalisasi saat ini. Dimana pada era ini terjadi kemerosotan moral baik dikalangan remaja\r\nmaupun dewasa. Wahdah Islamiyah sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang dakwah\r\ndan tarbiyah Islamiyah (pendidikan Islam) memiliki peran dalam mengurangi resiko krisis\r\nmoral yang terjadi pada zaman sekarang ini. Dengan gerakan yang dinamakan tarbiyah\r\nIslamiyah Wahdah Islamiyah membina masyarakat dengan sistem halaqah. Dalam sistem\r\nhalaqah di Wahdah Islamiyah kota Yogyakarta memiliki karakteristik seperti: pembinaan\r\naqidah, pembinaan akhlak, pembinaan hafalan Al-Qur’an dan hadits, dan pembinaan amal\r\nibadah. Pendidikan melalui sistem halaqah ini sangat memperhatikan generasi muda sebagai\r\npengemban amanah dalam kehidupan selanjutnya. Sistem pembelajaran halaqah di Wahdah\r\nIslamiyah Kota Yogyakarta merupakan sistem pembelajaran yang dinilai cukup efektif dalam\r\nmembentuk karakter peserta didiknya menjadi seorang individu yang memiliki kepribadian\r\nreligius dan berakhlak mulia serta memiliki jiwa yang mampu mengemban amanah dakwah\r\nsebagai upaya mengurangi resiko krisis moral yang kini tengah terjadi.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pendidikan karakter dengan\r\nmenggunakan sistem halaqah yang dikembangan oleh Organisasi Masyarakat Wahdah\r\nIslamiyah Kota Yogyakarta, serta dampak yang dirasakan oleh peserta didiknya yang telah\r\nmengikuti pendidikan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam\r\npenelitian ini digunakan pendekatan fenomenologi dan pendekatan psikologis. Teknik\r\npengumpulan data dilakukan dengan cara interview, observasi dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik pendidikan karakter dengan sisiten\r\nhalaqah mengedepan kan aspek aqidah, akhlak, amal ibadah, hafalan Al-Qur’an dan hadits\r\nserta tarbiyah jasadiyah (pendidikan jasmani). Proses pembelajaran tersebut memperhatikan\r\ntingkat kompetensi setiap peserta didiknya, sehingga pembelajaran disusun dengan\r\nberjenjang. Pendidikan karakter yang dikembangkan oleh Wahdah Islamiyah Kota\r\nYogyakarta telah terbuki efektif dalam membentuk karakter seseorang yang memiliki pribadi\r\nreligius dan berakhlak mulia. Pembelajaran halaqah di Wahdah Islamiyah dinilai telah sesuai\r\ndengan sistem pendidikan Islam sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran\r\nagama Islam."^^ . "2015-05-18" . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAK. SYARIAH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.11470041"^^ . "Yusuf Al Basit"^^ . "NIM.11470041 Yusuf Al Basit"^^ . . . . . "HTML Summary of #17082 \n\nPENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE HALAQAH DI ORGANISASI \nMASYARAKAT WAHDAH ISLAMIYAH KOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .